Harga Getah Karet Merangkak Naik

KBRN,  Padang : Harga jual getah karet di Kabupaten Pasaman Barat 0Provinsi Sumatera Barat mulai mengalami kenaikan, saat ini harga jual getah karet dari petani dihargai Rp. 6.000 s/d Rp. 7.000 perkilogram. Jika dibandingkan dengan harga sebelumnya, hanya dikisaran Rp. 4.000 -  Rp. 6.000 perkiligram. 

Meski mulai mengalami kenaikan, pendapatan yang didapat belum bisa memenuhi kebutuan harian mereka dan menutupi biaya aktifitas.

Pelson, salah seorang petani karet di Nagari Kapar Pasaman Barat menyebutkan dari hasil penjualan getah karet tiga ratus batang miliknya, hanya bisa untuk biaya makan.Ia menilai, harga getah karet normalnya harus diangka Rp. 9.000 - Rp. 10.000 per kilogramnya. Karena dari pengakuan petani, rata - rata mereka hanya bisa memperoleh hasil sekitar tiga ratus ribu rupiah saja perminggu.

"Naiknya harga karet dalam beberapa waktu terakhir, belum berdampak baik terhadap pendapatan petani karet di Kabupaten Pasaman Barat. Sebab, hasil yang didapat dari penjualan karet disebut tidak sebanding dengan kebutuhan dan biaya aktivitas kami," ucap Pelson (Jumat, 17/09/2021).

Pelson berharap pemerintah dapat menjamin harga hasil kebun mereka, karena selama ini petani merasa harga jual getah karet dari petani, selalu ditekan oleh para toke dan pengepul.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00