Matangkan Perencanaan Pembangunan PLUT di Tanah Datar

KBRN, Padang: Pemerintah kabupaten Tanah Datar mematangkan perencanaan pembangunan Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT KUMKM) di kawasan destinasi wisata dengan melakukan koordinasi langsung ke kementerian koperasi.

Wabup Tanah Datar Richi Aprian mengatakan kedatangannya untuk melakukan koordinasi rencana pembangunan PLUT oleh Kementerian Koperasi di Tanah Datar. 

"Pemerintah Tanah Datar melalui Dinas terkait sudah mempersiapkan bahan kelengkapan dan hari ini kami serahkan proposal rencana pembangunan PLUT yang akan didanai APBN melalui Kementerian Koperasi," ujar Richi Aprian, Kamis (11/8/2022).

Menurutnya, pembangunan PLUT tersebut untuk melengkapi pengembangan objek wisata prioritas sejalan program Presiden Jokowi untuk percepatan pemetaan potensi produk UMKM. Kemudian memudahkan pemasaran dengan hadirnya nanti PLUT KUMKM menjadi harapan besar bagi seluruh pelaku usaha UMKM di Tanah Datar. 

Sementara itu, Sekretaris Kemenko UKM  Arif Rahman sampaikan apresiasi kepada pemerintah kabupaten Tanah Datar yang telah mendukung program pemerintah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat melalui UMKM.  

"Usulan pembangun PLUT oleh Pemerintah Tanah Datar akan kami tindaklanjuti dan kelengkapan adminisrasi akan kami pelajari dan lakukan kunjungan lapangan, namun tetap optimis," kata Arif.  

Arif tambahkan, ke depannya kalau sudah ada PLUT tentunya akan tergabung didalamnya koperasi-koperasi di Tanah Datar yang akan memasarkan UMKM.  

"Selain itu, PLUT bisa menjadi rumah besar bagi pelaku UMKM dalam mengelola potensi dan sumber daya yang dimiliki daerah," katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar