Penyebaran UMKM masih jadi PR besar

Hasil UMK Sumatera Barat

KBRN,Padang: Berdasar hasil pendataan Badan Pusat Statistik Sumatera Barat, terdapat 500.000 lebih UMK di provinsi Sumatera Barat. Dari jumlah tersebut, 80.000 UMK berda di Kota Padang. Sementara 4 ratus 20 ribu sisanya tersebar di 18 daerah lainnya. Data itu menjelaskan, UMK masih lebih banyak di Kota Padang. Hal ini menjadi ketimpangan yang harus diselesaikan.

Pengamat ekonomi, Davy Hendri mengatakan, Sumatera Barat memiliki usaha kecil yang paling besar adalah sektor pertanian yakni mencapai 50 persen. Namun tak dapat dipungkiri, kualitas UMK yang ada di Sumatera Barat masih berada di bawah rata-rata daerah lainnya. Menurutnya, salah satu faktor penyebabnya adalah penyebaran UMK tidak merata. Hal ini masih menjadi PR besar bagi seluruh sektor terkait, guna meningkatkan kualitas UMK.

“Secara umum UMKM kita masih di bawah. Ketika bicara jumlah, sektor mana, ini ada ketimpangan dalam menyebarkan potensi yang ada. Ini yang masih menjadi PR, sehingga semangat berwirausaha dan kemudahan UMK itu ada di semua temapt,” jelas Davy.

Lebih lanjut, Davy menambahkan butuh keberanian untuk dapat membangkitkan UMK yang berkualitas dengan melihat apa yang dibutuhkan masyarakat, agar tercipta ekosistem yang lengkap demi mewujudkan UMK yang berkualitas dan maju. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar