Relawan Usaha Mikro, Rangkul 1000 UMKM Rumahan

KBRN, Padang : Relawan Usaha Mikro Kota Padang hingga akhir tahun ini akan menjaring 1000 para pelaku usaha rumahan. Seperti pelaku usaha kerupuk jengkol.

Ketua Umum Relawan Usaha Mikro Kota Padang Gunawan Teddy Syofianto kepada RRI mengatakan, usaha kerupuk jengkol merupakan usaha yang dapat dikembangkan dan dipromosikan ke luar negeri. Dijelaskan Gunawan atau  yang lebih dikenal dengan Tuako Alam, keinginan untuk mengembangkan usaha rumahan masyarakat ini, berawal dari kunjungannya ke Kelurahan Kampung Pondok Kecamatan Padang Barat Kota Padang beberapa bulan yang lalu.

Menurutnya, di Kelurahan ini, terdapat 30 orang ibu rumah tangga yang berprofesi sebagai pengelola kerupuk jengkol ini. Untuk itu pihaknya akan melakukan pembinaan dengan memberikan pelatihan pelatihan kepada pelaku usaha ruamahan ini// Pelatihan tersebut akan bekerjasama dengan Pemerintah Kota Padang.

“Awalnya kita mengunjungi keluarga di sana, ternyata kita melihat ibu ibu yang sedang asyik mengelola dan membuat kerupuk jengkol ini dengan peralatan yang tradisional. Jadi kita ingin  membantu mereka untuk pengembangan usahanya, sehingga dikenal di manca negera,” ujar Gunawan Tuako Alam, Selasa (05/07/2022).

Lebih lanjut Gunawan Tuako Alam menjelaskan, dalam pengembangan dan pemasarannya nanti, pihaknya telah melakukan kerjasama dengan berbagai negara, seperti Kuala Lumpur dan  Malaysia. Dengan di rangkulnya para pelaku usaha rumahan ini, pihaknya berharap, adanya peningkatan perekonomian masyarakat dan usaha yang dikerjakan dapat menuju Go Internasional.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar