UMKM PENUNJANG PARIWISATA DI KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Ilustrasi UMKM

KBRN, Padang: Tak hanya Dinas perindustrian yang dapat membangkitkan UMKM terutama setelah pandemi covid 19 semakin landai. Kolaborasi bersama Dinas Pariwisata juga dapat membantu geliat UMKM yang pernah terpuruk 2 tahun lalu. 

Dinas Perindustrian dan Perdagangan bersinergi dan berupaya dengan Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Padang Pariaman guna meningkatkan UMKM di Kabupaten Padang Pariaman.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Padang Pariaman, Muhammad Fadly kepada RRI mengatakan, dalam pelaksanaan kegiatan yanng diadakan Disperindag Kabupaten Padang Pariaman, Dinas Pariwisata ikut memberikan penguatan kepada pelaku usaha yang dapat mendukung pariwisata terutama yang memproduksi souvenir dan produk lainnya agar memiliki nilai jual bagi sektor pariwisata. 

Muhammad Fadly menjelaskan, hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar ke depan pelaku usaha dapat bersaing dengan memanfaatkan digitalisasi dalam pengelolaan produknya.

“Bagaimana agar produk mereka dapat bersaing dalam industri kreatif dan ekonomi kreatif yang membutuhkan informasi digital dalam pengelolaannya,” jelas Fadly. 

Fadly menambahkan, harapannya ke depan produk UMKM di sektor pariwisata ini dapat lebih inovatif dan memiliki nilai jual sehingga dapat dipasarkan tidak hanya di lokasi wisata namun juga melalui penjualan online. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar