PENYUMBANG INFLASI TERTINGGI DI SUMBAR MASIH DISUMBANG KELOMPOK MAKANAN, MINUMAN DAN TEMBAKAU.

Herum Fajarwati Ka. BPS Sumbar

KBRN, Padang: Sumatera barat hingga desember 2021 mengalami penurunan inflasi jika dibandingkan dengan bulan November 2021. Dari 19 Kabupaten Kota di Sumatera Barat data perwakilan yang diambil adalah Kota Padang dan Kota Bukittinggi// Total dari inflasi kedua daerah tersebut untuk bulan desember 2021 mengalami inflasi sebesar 0,42 persen (mtm). Infalsi tahun kalender selama 2021, mencapai 1, 40 persen.

Hal tersebut disampaikan kepala Badan Pusat Statistik Sumbar, Herum Fajarwati, saat dihubungi RRI // Diakui Herum, Sumatera Barat memang mengalami inflasi dan cenderung meningkat diakibatkan pandemi dan daya beli masyarakat. Herum juga menambahkan Penyumbang inflasi selanjutnya dari transportasi udara, dimana sepanjang tahun 2021 mengalami kenaikan hingga 9,6 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu.

“untuk angkutan udara, selama tahun 2021 mengalami kenaikan 9,6%(yoy), sementara hanya untuk desember saja sebesar 4,76%(mtm). Sementara untuk total inflasi selama setahun rata-rata mengalami kenaikan sebesar 1,40 %(yoy) dan untuk desember jika disbanding November sebesar 0,42%(mtm)” terangnya.

Herum menambahkan, inflasi yang terjadi di bulan Desember 2021 jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya justru menurun, namun setelah dirata-ratakan Sumatera barat tetap mengalami inflasi yang tidak terlalu signifikan. Bahkan secara nasional dianggap mengalami deflasi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar