Peluang Budi Daya Ikan Air Tawar di Kota Padang Menjanjikan

KBRN, Padang : Budi daya ikan air tawar menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan untuk dikembangkan di Kota Padang. Sebab hingga saat ini, kebutuhan ikan air tawar belum mampu dipenuhi peternak ikan di Kota Padang.

"Kebutuhan ikan air tawar di Kota Padang baik untuk konsumsi pribadi dan usaha makanan mencapai 100 ton lebih sehari. Dari jumlah itu, baru 70 persennya yang dapat dipenuhi peternak ikan di daerah ini. Tentunya kondisi ini, masih terbuka lebar peluang bagi masyarakat menggembangkan budi daya ikan air tawar," kata Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang Guswardi, kepada RRI di Padang, Jumat (21/1/2022).

Menurut Guswardi, sejumlah upaya dilakukan agar kebutuhan ikan air tawar dapat terpenuhi seperti membantu bibit ikan kepada kelompok peternak ikan, bibit juga diberikan kepada sekolah yang memiliki kolam ikan untuk pengembangan. Upaya terpenting yakni mendorong masyarakat yang mempunyai lahan cukup luas untuk membuat kolam atau empang yang diisi dengan ikan air tawar seperti nila dan lele.

"Budi daya ikan tawar patut dipertimbangkan masyarakat menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Selain kebutuhan yang banyak, harga jual di pasaran juga terbilang tinggi dan stabil. Rata-rata ikan air tawar di pasaran dijual seharga Rl25 ribu hingga Rp30 ribu per kilogram," katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar