Peluang Dunia Usaha Mengoptimalkan Pemasaran Produk UMKM

KBRN, Padang : Kebijakan pemerintah membatalkan PPKM level 3 pada momen perayaan natal dan tahun baru  2022 memberi ruang  bagi dunia usaha di Sumatera Barat  bisa lebih leluasa mengembangkan inovasi  untuk pemasaran yang lebih optimal// Hal itu diutarakan Pengurus Kadin Sumatera Barat, Rahim Mardanis, Rabu, (8/12/2021).

Dikatakan,  penetapan PPKM dalam rentang waktu yang tidak ditentukan dapat menjadi ancaman bagi keberlangsungan pemasaran produk UMKM dari berbagai daerah.

"Tidak heran jika, jika selama  pandemi dengan  pembatasan-pembatasan yang diberlakukan menyebabkan tidak sedikit produksi UMKM yang menurun," ujarnya.

Cukup beralasan menurut Rahim jika pengarajin di daerah  pada umumnya mengeluh dan berharap pandemi tidak berkelanjutan karena men gancam ruang usaha yang digeluti.

Rahim berharap, peluang yang  ada saat ini  dapat dimanfaatkan pelaku usaha, termasuk pengrajin di daerah untuk lebih maksimal dalam berproduksi, apalagi  pada momen penghujung tahun yang menjadi salah satu momen strategis wisatawan berwisata  ke berbagai daerah dan tentunya berbelanja aneka produk khas kerajinan daerah.

Kelonggaran yang diterapkan  harusnya tidak  pula menjadikan dunia  saha lupa dan lalai  akan kewajiban. Kewaspadaan tetap harus ditingkatkan mengingat ancaman virus  bisa datang dan berkembang kapan saja// Dalam kondisi yang sudah dikatakan longgar pus, protokol kesehatan tetap menjadi  haL prioritas.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar