Pelabuhan Umpan yang Menampung Komoditi Ekspor Masyarakat Daerah

KBRN, Padang : Sumatera Barat memiliki bermacam  komoditi ekspor yang sejauh  ini membutuhkan ruang  tampung produksi yang efektif. Adapun keberadaan pelabuhan umpan seperti Pelabuhan Panasahan di Pesisir Selatan  diharapkan dapat menggenjot perekonomian masyarakat yang selama pandemi dihadapkan pada berbagai persoalan. Hal itu diungkapkan Pengurus Kadin Sumatera Barat, Rahim Mardanus kepada RRI, Jumat, (17/09/2021).

Dikatakan, bermacam komoditi ekspor yang dihasilkan Sumatera Barat, salah satunya gambir dari Pesisir Selatan.  Dengan adanya pelabuhan yang awalnya hanya sebagai pelabuhan umpan untuk Teluk Bayur, produksi dapat ditingkatkan.

" Ekspor komoditi tidak harus menumpuk di pelabuhan tertua pantai barat Sumatera itu dan otomatis memperpendek jarak tempuh pengiriman barang ke pelabuhan," ujarnya.

Rahim menjelaskan pada masa ini, produksi harus ditingkatkan karena pandemi sejatinya tetap menuntut masyarakat daerah bersinergi meningkatkan kualitas untuk peningkatan nilai pendapatan. Untuk diketahui jelas Rahim, pada beberapa komoditi, Sumatera Barat masih mendapatkan kepercayaan dari pasar internasional sehingga perlu bagi pemerintah daerah menyakinkan masyarakat tetap meningkatkan kualitas ekspor ke luar negeri. Pelabuhan Panasahan sudah dirancang ke depannya dapat melayani kebutuhan ekspor  dari berbagai daerah khususnya dari Pesisir Selatan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00