Jengkol Sumbar Melenggang Bebas ke Pasar Asia

KBRN, Padang : Sumatera Barat memiliki beragam komoditas sektor pertanian  kini memiliki peluang besar  menembus pasar luar negeri, salah satu komoditas tersebut adalah jengkol. Jengkol  asal  Sumatera Barat kini diburu  negara tujuan ekspor  yang  salah satunya  adalah Jepang.

Terkait hal itu, Pengurus Kadin Sumatera Barat, Rahim Mardanis kepada RRI, Rabu, (24/02/2021) menyatakan apresiasinya  kepada pelaku usaha yang telah berupaya memasarkan produk tersebut ke rqanah pemasaran yang lebih luas.

" Komoditas ini  kini  dikenal luas di  luar Sumatera Barat. Usaha tani di daerah yang sebelumnya lesu dihujam pandemi berbulan-bulan kini seolah mendapat angin segar dari pemerintah sejalan dengan ekspor komoditas ke sejumlah negara di Asia," ungkap Rahim Mardanis.

Ekspor jengkol asal Sumatera Barat ke skala internasional menurutnya semacam  inovasi yang juga kabar gembira bagi petani di daerah, termasuk pelaku usaha yang sebelumnya menganggap sebelah mata pemasaran jengkol yang produksi  sebelumnya hanya untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat di daerah.

Rahim menjelaskan, untuk sekarang ini petani dan pelaku usaha tidak  perlu resah dengan kondisi pandemi. Dalam kenyataannya,  negara - negara  tujuan ekspor, termasuk Jepang tetap berburu komoditas yang menurut mereka laku di pasaran hingga memberi dampak terhadap  geliat usaha pertanian di berbagai daerah.

Sumatera Barat memiliki jengkol dengan kualitas yang tidak diragukan sehingga tidak  berlebihan jika saat ini pelaku usaha  dan petani di daerah mulai mengalihkan perhatiannya pada usaha tanam jengkol yang diharapkan dapat membantu pemulihan ekonomi daerah di masa pandemi. Hal senada Kepala Karantina Pertanian Padang, Iswan Haryanto yang menyatakan terus melakukan serangkaian tindakan karantika untuk memastikan keamanan dan kesehatan komoditas  ke negara tujuan.

   

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00