Trans Mentawai, Hapus Kemiskinan Warga Pedalamam

KBRN, Padang : Sumatera Barat mengusulkan sembilan proyek prioritas  untuk mendukung pelaksanaan Major Project Dan Proyek Nasional yang isu strategisnya diangkat dari pemasalahan yang ada di daerah ini.  Dari Sembilan proyek nasional tersebut,  salah satunya membahas tentang pembangunan jalan Trans Mentawai ruas Sigapokna – Labuhan Bajau sepangjang 17,95 kilometer.

Pj Gubernur Sumatera Barat, Hamdani  kepada RRI, Rabu, (24/02/2021) menegaskan, pembangunan jalan Trans Mentawai ruas Sigapokna - Labuhan Bajau akan menghubungkan akses jalur darat ke Pelabuhan Regional Labuan Bajau.

“ Dengan adanya pembangunan ruas jalan  Trans Mentawai, ekonomi daerah akan menggeliat sejalan dibuka akses jalan yang  secara   perlahan diharapkan dapat membuka ruang  bagi masyarakat  bisa mengecap perubahan yang diharapkan,” ujar Hamdani.

Dikatakan, Kabupaten Kepulauan Mentawai terdiri dari gugus pulau yang dipisahkan lautan luas. Pembangunan infrastruktur jalan membuka peluang dan potensi ekonomi di berbagai sektor, terutama pertanian dan perkebunan yang selama  puluhan tahun luput dari  perhatian pemerintah.

Trans Mentawai tidak hanya menjadi jembatan penghubung untuk jalur darat yang jarang tersentuh program pembangunan, namun menjadi wahana  strategis untuk pemasaran hasil pertanian ke berbaga daerah. Hasil tani masyarakat nantinya dapat diserap pasar  dan memberikan nilai pemasukan untuk meningkatkan ksejahteraan hidup masyarakat di daerah pedalaman, sejalan dengan  program pengembangan Siberut sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00