Beban Hidup Disabilitas yang Berharap Solusi

KBRN, Padang : Pandemi Covid19  menggerus semua sektor kehidupan  termasuk  perekonomian kalangan disabilitas di berbagai daerah. Mereka yang umumnya bekerja pada bidang jasa mengeluhkan  usaha yang selama lebih kurang satu tahun tidak jalan. Untuk  beralih ke usaha lain, mereka dibatasi kondisi fisik yang menyebabkan mereka tidak dengan serta merta bisa beralih profesi.    

Dalam perbincangannya dengan RRI, Selasa, (19/01/2021) Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat, Jumaidi mengatakan, perlu menggerakkan program-program yang merujuk pada peningkatan kemampuan kaum disabilitas. Pada saat  terjadi hal - hal di luar dugaan, sebut saja pandemi Covid19, mereka tidak harus gamang dan kehilangan sumber mata pencaharian. Dengan kemampuan yang dimiliki, mereka ini masih bisa berinovasi, mencari celah lain untuk keberlangsungan hidup// Program-program kea rah itu sudah dikonsep pemerintah dan penerapannya dilaksanakan pada daerah kabupaten dan kota.

" Khusus anak-anak disabilitas yang masih  dalam tanggungjawab panti,  pembinaan dilakukan di dalam panti dengan program yang disesuaikan dengan kebutuhan anak," ujar Jumaidi kepada RRI.

Sementara disabilitas yang berada di luar panti, pemerintah  mengokomodirnya  melalui  program bansos PKH yang semestinya dapat dimanfaatkan  disabilitas pada masa ini. Pada kondisi sekarang ini,  yang diperlukan penerima manfaat  adalah ketepatan waktu penyaluran bantuan, ketepatan nilai bantuan, dan ketepatan sasaran. Ia berharap, program – program yang diberdayakan  pemerintah saat ini  dapat dimanfaatkan  masyarakat sesuai peruntukkannya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00