TMMD 108, Meningkatkan Taraf Kesejahteraan Petani di Nagari Panyalaian X Koto

KBRN, Padang : TMMD 108  yang berlangsung di  wilayah Kodim 0307/Tanah Datar  berkontribusi nyata  dan secara bertahap  meningkatkan taraf ksejahteraan petani di daerah ini. Kepada RRI Minggu, (2/8/2020),  Dandim 0307/Tanah Datar Letkol Infantri Edi Sugianto Harahap mengatakan,  pembukaan jalan sepanjang 2800 meter membuka ruang bagi warga khususnya petani untuk lebih leluasa  mengangkut hasil tani dengan biaya angkut yang kini relatif lebih murah dari sebelumnya.

Lahan yang dulunya tidak bisa dilalui kendaraan kini telah disulap menjadi jalan yang layak dan dilalui berbagai kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Edi Sugianto Harahap menuturkan, jika menilik kondisi lahan sebelumnya, petani  cukup kewalahan mengangkut hasil tani.

" Dengan melalui pematang sawah, petani terpaksa mengeluarkan upaya cukup besar untuk biaya angkut hasil tani, satu kali angkut  barang dipatok seharga 20 ribu bahkan lebih," ujarnya.

Dengan telah dibukanya jalan, petani terbantu karena  pengangkutan barang tidak lagi dilakukan dengan cara dipikul dengan biaya angkut yang cukup besar. Kendaraan roda dua dan roda empat sudah leluasa masuk sehingga proses pengangkutan barang lebih efektif dan murah.

Dengan demikian, TMMD 108 yang dilaksanakan di Nagari Panyalaian X Koto dapat langsung berkontribusi terhadap perbaikan taraf hidup masyarakat daerah. Kesulitan warga teratasi seiring dibukanya jalan untuk kebutuhan transportasi dan ia berharap akses yang baru dibuka  dirawat sepenuhnya oleh warga sekitar. TNI AD  dalam hal ini hanya membantu program pemerintah dalam pemerataan pembangunan di daerah, kelanjutan program sepenuhnya menjadi kewenangan pemerintah daerah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00