Gratis 3 Pajak Daerah di Kota Padang tak Diperpanjang

Al Amin

KBRN, Padang : Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Padang akan kembali menagih tiga item pajak daerah mulai Juni 2020.

"Pajak hotel, restoran, dan tempat hiburan di Kota Padang akan kembali diminta membayar kewajiban mulai bulan ini. Sebab Pemerintah Kota Padang tidak lagi memperpanjang menggratiskan tiga pajak daerah itu," kata Kepala Bapenda Kota Padang Al Amin, saat ditemui RRI di Kantor Bapenda Padang, Jumat (5/6/2020).

Menurut Al Amin, Pemerintah Kota Padang telah membantu pelaku usaha untuk tidak membayar tiga pajak tersebut selama April dan Mei akibat adanya wabah Covid-19. Dengan memberikan keringanan pada tiga item pajak itu Pemerintah Kota Padang kehilangan Pendapatan Asli Daerah (PAD) mencapai Rp18 miliar.

"Kita sudah mengratiskan dua bulan dan cukup banyak kehilangan PAD," sebutnya.

Al Amin merinci, setidaknya potensi PAD dari pajak hotel yang hilang yakni sebesar Rp7 miliar, Pajak Restoran sebesar Rp9 miliar, dan pajak tempat hiburan sebesar Rp2 miliar.

Al Amin mengungkapkan, alasan tidak diperpanjangnya menggratiskan 3 pajak daerah tersebut, karena Pemerintah Kota Padang juga membutuhkan penerimaan pajak untuk pembangunan daerah. Namun meski tidak lagi digratiskan, wajib pajak diberikan keringanan untuk mengangsur atau mencicil hingga akhir tahun.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00