20 Ribu Paket Sembako Dibagikan Basnaz Padang Awal Ramadan

KBRN, Padang: Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Padang mengalihkan sejumlah penyaluran zakat program reguler kepada program penanganan wabah korona. Ketua Baznas Padang, Epi Santoso, mengatakan kebijakan itu diambil karena dampak pandemi korona telah menghantam sendi perekonomian masyarakat di Kota Padang. 

“Kebijakan menjaga jarak dalam berinteraksi sosial untuk memutus mata rantai penularan korona mau tak mau harus dilakukan. Walaupun akibatnya perputaran kegiatan ekonomi masyarakat anjlok. Mereka yang mengandalkan pendapatan dari transaksi harian terkena imbas parah. Inilah yang nantinya menjadi fokus Baznas sebagai orang penerima zakat,” ucap Epi pada RRI di Padang, Kamis (16/4/2020).

Epi menjelaskan, Baznas Padang saat ini menyiapkan 20 ribu paket yang berisi sembako untuk disalurkan ke masyarakat yang membutuhkan. Paket itu akan dibagikan pada awal Ramadan, yang tak lama lagi datang.

“Basis data penerima didapat melalui masjid dan musala, jadi tidak ada masyarakat yang datang ke Baznas. Mereka yang terdata akan mendapat paket beras 5 kg, gula pasir, sarden kaleng dan sembako lainnya. Paket dibagikan ke masyarakat ke alamat,” ungkapnya.

Penerima bantuan ini, kata Epi, lebih diperuntukan pada warga yang tidak menerima bantuan rutin dari pemerintah, namun secara ekonomi mereka terimbas oleh kondisi wabah korona. Kemudian, agar bantuan ini terbagi merata dan tidak tumpang tindih dengan lembaga amil zakat lainnya yang juga membagi bantuan serupa, Basnaz telah berkoordinasi dengan sejumlah lembaga lainnya.

“Basis data Baznas masjid dan musala. Kemudian lembaga lainnya ada yang fokus memberi bantuan pada kelompok rentan lainnya, misalnya disabilitas, pengusaha mikro,” tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00