Pekerja Butuh Makan, Bukan Pelatihan

KBRN, Padang :Pembekalan keterampilan flatform daring yang ditujukan kepada tenaga kerja yang sudah di PHK pada masa pandemi Covid-19 dinilai kurang efektif. Untuk sekarang ini, pekerja butuh makan dan pemenuhan kebutuhan hidup lainnya. Pembekalan pelatihan sistem daring bukan solusi tepat mengatasi keterpurukan ekonomi yang disebabkan ribuan pekerja di daerah yang kehilangan mata pencaharian hidup, sebagaimana diungkapkan Wakil Ketua Kadin Sumbar, Nasirman Chan kepada RRI, Rabu, (15/04/2020).

Dikatakan, pelatihan flatform daring hanya bisa merekrut pekerja dengan kelas terbatas. Selain itu jelas Nasirman, tidak semua pekerja memiliki akses bisa menjangkau jaringan sehingga kebijakan pemerintah tersebut perlu dipertimbangkan dan dikaji ulang.

"Dari pihak Kadin  mensupport apa pun program pemerintah yang orientasinya untuk pemulihan ekonomi masyarakat pada masa pandemi Covid-19," ujarnya.

Kebijakan pemerintah meringankan beban masyarakat, khususnya pekerja yang sudah di-PHK adalah hal yang patut didukung semua pihak, termasuk pelaku usaha di daerah yang terkena imbas kondisi kesehatan darurat di berbagai daerah.

Nasirman Chan menegaskan, pemberian Bantuan Langsung Tunai - BLT dinilai jauh lebih bermanfaat selama masa darurat ini.  Dana yang disalurkan bisa meringankan beban perekonomian masyarakat yang dalam kondisi apa pun tetap harus memenuhi kebutuhan hidupnya.

Pemerintah harusnya jauh hari sudah memikirkan langkah strategis untuk penanganan masalah tersebut karena kekeliruan yang dilakukan berdampak vatal terhadap sendi-sendi perekonomian di berbagai daerah.

Memang kondisinya saat ini BLT sangat bermanfaat bagi masyarakat. Namun disisi lain masyarakat juga harus memikirkan jangka panjang seperti pembelajaran online, untuk belajar tentang teknik kamu bisa mengunjungi perpusteknik.com yang menyediakan informasi belajar seputar teknik.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00