Keselamatan dan Kenyamanan Berwisata Harus Menjadi Prioritas

KBRN, Padang : Keselamatan dan aspek kenyamanan konsumen dalam berwisata dinilai masih rendah. Sementara Indonesia, khususnya Sumatera Barat  termasuk daerah tropis dengan kondisi alam yang terbilang cukup ektrim dan rawan bencana alam.  Perlu jaminan untuk keselamatan dalam menempuh perjalanan wisata sekalgus antisipasi awal menyikapi hal-hal yang di luar dugaan. Kepada RRI, Ketua Astindo Sumatera Barat, Nasirman Chan, Kamis, (27/2/2020) mengatakan, penyedia jasa layanan wisata seperti travel agent berkewajiban dan bertanggungjawab sepenuhnya menjaga keselamatan  wisatawan selama berlangsungnya kegiatan wisata.

Menurut Nasirman Chan, wajib hukumnya bagi pelaku usaha pariwisata dalam hal ini tour operator memberikan asuransi kepada wisatawan yang melakukan perjalanan  ke berbagai destinasi wisata. Sebelumnya hal tersebut menurut Ketua Astindo Sumatera Barat, Nasirman Chan  luput dari perhatian sehingga ke depannya,  perlu adanya  jaminan keselamatan dan kenyamanan berwisata bagi pengunjung. Hal-hal tidak terduga bisa saja terjadi dalam perjalanan, situasi tersebut otomatis mengganggu suasana berwisata.

"Untuk itu,  pemerintah termasuk pelaku usaha pariwisata harus bersinergi, menciptakan iklim pariwisata yang kondusif, tidak saja di Sumatera Barat namun hal itu juga berlaku untuk wisatawan Sumatera Barat yang melakukan perjalanan wisata ke daerah atau negara lainnya di dunia,'' ujarnya.

Di saat  orang sudah merasakan kenyamanan berwisata, pemasukan daerah akan mengalir dengan sendirinya dan berkontribusi terhadap berbagai sebut saja ekonomi masyarakat daerah. Kerjasama Astindo Sumatera Barat dengan Sompo Insurance yang juga  mitra pendukung Astindo Travel Fair 2020 yang diselenggarakan tanggal 6 - 8 Maret mendatang diharapkan dapat meningkatkan kualitas  layanan pariwisata  Sumatera Barat ke depannya.    

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00