Bulog Sumbar Pastikan Stok Beras Mencukupi untuk Nataru

KBRN, Padang : Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional Sumatera Barat memastikan ketersediaan stok beras mencukupi untuk natal dan tahun baru 2020 (nataru). Bahkan stok beras dipastikan aman hingga tiga bulan ke depan.

"Stok beras kita tersedia hingga bulan Maret 2020 mendatang, sehingga aman untuk nataru ini," kata Kepala Bulog Divisi Regional Sumatera Barat Tomy Despalingga kepada RRI, Senin (23/12/2019) di Padang.

Ia mengungkapkan, saat ini stok beras mencapai 9 ribu ton lebih yang disimpan pada 11 gudang Bulog diberbagai wilayah Sumatera Barat. Sementara kebutuhan beras di Sumatera Barat per bulannya rata-rata hanya 2 ribu hingga 3 ribu ton beras.

"Beras kita simpan di gudang Bulog Padang, Solok, Bukittinggi, dan beberapa kabupaten kota lainnya di Sumatera Barat, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dengan keberadaan stok beras," sebutnya

Tomy memprediksi tidak akan ada kenaikan harga beras jelang natal dan tahun baru. Melihat stok yang tersedia mencukupi, dan Bulog Sumatera Barat setiap hari melakukan operasi pasar.

"Stok kita aman. Berbagai mitra, distributor dan satgas dilibatkan untuk pelaksanaan operasi pasar baik di Kota Padang maupun wilayah Sumatera Barat lainnya, guna menjaga kestabilan harga beras," tuturnya.

Tomy menambahkan, beras yang didistribusikan ke pasar-pasar oleh bulog terdiri dari beras premium dan medium. Beras premium merupakan beras lokal yang didatangkan dari Sumatera Barat, Lampung dan Indramayu, sedangkan beras medium juga didatangkan dari dalam negeri ditambah beras impor dari Thailand dan Vietnam. Masyarakat dapat membeli beras di operasi pasar seharga Rp8.600 per kilogram untuk jenis medium, dan Rp9.600 jenis premium. Bulog Sumatera Barat pun menggandeng pemerintah daerah untuk melakukan pengawasan terhadap harga pangan.

"Kalau di pasar pedagang tidak boleh menjual beras diatas harga HET yakni Rp9.950 per kilogram," ungkapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00