Pendistribusian Vaksin Tahap II Telah Dimulai, Awal Maret untuk 15 Daerah di Sumbar

KBRN, Padang : Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat telah mendistribusikan vaksin Covid-19 tahap dua pada empat daerah.

"Kota Padang, Kabupaten Padang Pariaman, Kota Pariaman telah menjemput vaksin pada Kamis 25 Februari lalu. Kemudian disusul  Kabupaten Pasaman pada Sabtu 27 Februari kemarin," kata Kasi Kefarmasian Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat Elno Sabri saat dikonfirmasi RRI di Padang, Minggu (28/2/2021).

Menurutnya, empat daerah tersebut mendapatkan alokasi vaksin yang berbeda-beda disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing daerah. Rinciannya Kota Padang sebanyak 32.500 dosis, Kota Pariaman 600 dosis, Kabupaten Padang Pariaman 2.700 dosis dan Kabupaten Pasaman 1.800 dosis. Sama dengan vaksin tahap pertama, Kota Padang merupakan daerah yang paling banyak menerima alokasi vaksin dibandingkan 18 daerah lainnya.

"Ya karena kebutuhan Kota Padang banyak akibat jumlah penduduk yang juga banyak," sebutnya.

Lanjut Elno, sementara untuk 15 daerah lain di Sumatera Barat dijadwalkan dapat menjemput vaksin tahap dua dalam pekan pertama bulan Maret 2021. Pengambilan vaksin memang dijadwalkan tidak serentak dalam satu hari, guna mengantisipasi terjadinya kerumunan di gudang farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat.

"Kita jadwalkan 15 daerah lain mengambil vaksin mulai Senin hingga Kamis. Untuk besok ada empat wilayah yang dapat menjemput vaksin yakni Kota Padang Panjang, Kota Sawahlunto, Kabupaten Dharmasraya, dan Kabupaten Sijunjung," tuturnya.

Ia menambahkan, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mendapatkan 99.700 dosis vaksin Covid-19 untuk tahap dua. Sementara itu, pada tahap pertama mendapatkan sebanyak 66.800 dosis vaksin Sinovac, dengan dua termin penerimaan.

"Termin pertama sebanyak 36.920 dosis dan termin kedua 29.880 dosis, yang diperuntukkan bagi tenaga kesehatan di Sumbar yang tersebar di seluruh kabupaten/kota," sebutnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00