3 Lahan Sawit Terbakar di Agam, Satu Masih Pemadaman

Kebakaran lahan sawit di Kabupaten Agam

KBRN, Padang: Sepekan ini, 3 titik lahan di Kabupaten Agam terbakar. Lahan dimaksud merupakan areal kebun sawit.

Kepala Pelaksana BPBD Agam, M. Luthfi pada RRI Padang, Senin siang (22/2/2021) mengatakan, kebakaran terjadi karena ketidaksengajaan warga membakar sampah di sekitar areal dimaksud.

“Kami lihat ke lokasi, ini bukan kesengajaan. Sebab yang terbakar di lahan sawit produktif,” ucapnya.

Dari 3 titik lahan yang terbakar, masih ada satu titik yang masih dalam proses pemadaman, yakni lahan sawit di sekitar PT AMP Plantation, Kecamatan Tanjung Mutiara.

“Saat ini masih proses pemadaman. Ada 3 hektar lahan yang terbakar,” tuturnya.

Untuk pemadaman, petugas pemadam kebakaran, BPBD, TNI Polri dan warga memanfaatkan air yang ada di sekitar blok swait yang terbakar. Jika kekurangan diambil dari sumber air terdekat dengan menggunakan lima mobil tangki pemadam yang dimiliki.

“Ada drainase setiap blok. Kami manfaatkan air dari pinggir blok itu. Tapi jumlah air terbatas. Kemudian cuaca panas disertai angin kencang sehingga api cepat merembet. Ini tantangan di lapangan,” bebernya.

Titik lahan di Kabupaten Agam yang mengalami kebakaran yakni 1ahan sawit di Kecamatan Tanjung Mutiara pada Senin 8 Februari. Kebakaran kembali terjadi pada Jumat 12 Februari yang lokasinya berjarak dua kilometer dari lokasi sebelumnya. Kemudian, Minggu 21 Februari api membakar lahan warga di Nagari Salareh Aia, Kecamatan Palembayan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00