FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Puskesmas Andalas Lakukan Vaksinasi Dua Kali dalam Sepekan

KBRN, Padang : Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Andalas Kota Padang, secara bertahap melakukan vaksinasi pada 61 tenaga kesehatan. Vaksinasi dilakukan dua kali dalam sepekan yakni setiap Senin dan Rabu. 

Kepala Puskesmas Andalas, Kota Padang dokter Mela Aryati mengungkapkan, dua kali pelaksanaan vaksinasi sudah ada 18 tenaga kesehatan yang divaksin. Ditargetkan lima kali pelaksanaan vaksinasi seluruh tenaga kesehatan yang ada di Puskesmas Andalas dapat divaksin sinovac.

"Total ada 61 tenaga kesehatan Puskesmas Andalas yang akan divaksin baik dokter, perawat, bidan, staff administrasi hingga ke petugas keamanan dan supir ambulance. Namun ada beberapa tenaga kesehatan yang terpaksa ditunda divaksin karena setelah melakukan screening atau pemeriksaan kesehatan tidak memenuhi persyaratan," jelasnya kepada RRI di Padang, Minggu (24/1/2021).

Nantinya, sebut dokter Mela, tenaga kesehatan yang telah divaksin akan kembali disuntik kedua kalinya setelah 14 hari. Diharapkan dengan vaksinasi dapat mencegah garda terdepan yang sering berinteraksi dengan pasien Covid-19 tidak tertular.

Sementara itu, Budi tenaga kesehatan yang telah divaksin di Puskesmas Andalas mengatakan, ia tidak merasakan apapun setelah divaksin. Ia tidak menemukan tanda-tanda seperti pemberitaan yang tersebar di media sosial seputar efek samping setelah divaksin.

"Alhamdullilah nggak terasa apa-apa," ucapnya.

Budi yang bertugas sebagai supir ambulan ini menambahkan, selama pandemi ia cukup sering berinteraksi dengan pasien Covid-19. Selain itu juga telah 16 kali menjalani pemeriksaan swab dan hasilnya selalu negatif. Diharapkan dengan telah divaksin dapat mengantisipasi tertular Covid-19.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00