Kelurahan Rawang Kota Padang Langganan Banjir

KBRN Padang : Sembilan RW di Kelurahan Rawang Kecamatan Padang Selatan di Kota Padang, merupakan kawasan rawan banjir. Penyebabnya tidak lepas dari keberadaan drinase yang tidak optimal untuk menampung volume air saat hujan terjadi. Sekretaris Lurah Kelurahan Rawang Kecamatan Padang Selatan Kota Padang Ahmad Yani kepada RRI (Selasa, 24/11/2020) siang tadi mengatakan dari 14 kelurahan rawang, 9 RW merupakan kawasan langganan banjir khususnya daerah Jondul.

"Banjir dikelurahan rawang tersebut disebabkan oleh sejumlah faktor, terutama tidak optimalnya fungsi drinase dikawasan itu. Drinase yang menjadi sarana saluran air dari pemukiman masyarakat, disebut tidak mampu menampung volume air setiap kali hujan terjadi lebih dari satu jam. Kondisi inilah yang menimbulkan luapan hingga merendam sebagian besar pemukiman dan fasilitas umum seperti jalan" ungkapnya.

Lebih lanjut, Ahmad Yani mengatakan disamping batang jirak, sebagai muara saluran air dari kelurahan rawang, juga sering kelebihan volume air sehingga mengganggu kelancaran aliran dari kelurahan tersebut.

"Hingga kini, masih membutuhkan pembenahan drinase yang benar-benar dapat menampung volume air disaat hujan intensitas tinggi melanda kelurahan rawang" tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00