Kepala RRI Padang Berganti, Direktur Minta Informasi Tetap Jalan di Masa Pandemi

KBRN, Padang: Masa pandemi tidak boleh menjadi kendala bagi RRI dalam menyebarkan informasi pada publik. Direktur Layanan Pengembangan Usaha RRI, Drs. H Anhar Achmad, SH, MH, mengatakan, pada masa sulit ini, RRI harus menjadi sahabat bagi pendengar, sekaligus menjadi pemberi edukasi. Misalnya pada tahapan Pilkada serentak saat ini, yang juga dilaksanakan di Sumatera Barat. Seluruh pihak, mulai dari masyarakat sampai penyelenggara Pilkada harus terus diingatkan agar benar-benar mematuhi protokol kesehatan supaya angka penularan Covid-19 tidak terus bertambah.

“Selain juga mengawal Pilkada serentak. Selama pandemi RRI di seluruh Indoensia harus terus menyajikan program belajar di RRI. Siswa hanya cukup mendengar radio untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Kalau ada yang ingin menonton, bisa mengakses youtube di kanal RRI karena juga live streaming,” bebernya usai menyaksikan sertijab Kepala RRI Padang, Senin (26/10/2020), dari M Lahar Rudiyarso kepada Khalidiraya.

Kemudian bagi siswa yang terkendala karena tidak memiliki gadget atau tinggal di wilayah yang tidak terjangkau jaringan, RRI juga telah bekerjasama dengan Dinas Pendidikan menggelar program guru keliling.

“Siswa yang terkendala itu akan dikunjungi RRI bersama guru. Dalam kunjungan itu tetap menerapkan protokol kesehatan ketat,” ucapnya.

Anhar berpesan, sebagai radio publik, RRI tidak boleh berhenti melakukan lompatan-lompatan menyesuaikan dengan kemajuan teknologi yang sangat cepat. Turut menyebarluaskan siaran menggunakan internet melalui aplikasi RRI Play. Kemudian juga menyuguhkan berita secara online melalui rri.co.id, dan radio visual di rrinet.

“RRI tak boleh usang, harus memperbarui diri sesuai dengan kondisi. Itulah tugas yang juga harus dilakukan kepala stasium RRI di daerah. Dinamika informasi dan berita di daerah juga harus diikuti dan disiarkan RRI,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala LPP RRI Padang, Khalidiraya mengatakan, di masa pandemi, RRI tetap menyuguhkan siaran secara berhati-hati agar terhindar dari penularan Covid-19. Narasumber yang hadir untuk berdialog pun dipastikan terbebas dari paparan Covid-19. Jika tidak memungkinkan, perbincangan dilakukan secara virtual.

“Kita on air tetap seperti biasa. Acara off air yang mengumpulkan banyak orang yang kita tunda. Seperti parade seni tradisional, ataupun festival musik anak-anak muda,” jelasnya.

Sebagai Kepala RRI Padang yang baru, Khalidi menargetkan, konten siaran yang disuguhkan terus berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan publik.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00