Pemko Padang Resmikan Program Free net di Masjid Darul Huda

KBRN, Padang : Pemerintah Kota Padang menyediakan internet gratis di masjid sebagai fasilitas belajar daring bagi pelajar yang diberi nama program Freenet.

Program ini diresmikan Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah  di Masjid Darul Huda, yang terletak di Jalan Wirasakti I nomor 6 Surau Gadang Kecamatan Nanggalo, Kamis (24/9/2020).

Mahyeldi mengungkapkan, masjid Darul Huda bagian dari program Pemko Padang dengan konsep Masjid free net atau internet gratis. 

"Free net memang gratis karena dibiayai oleh pemko Padang. Sementara Gebunet itu untuk pemasangannya kita bantu, sedangkan biaya bulanannya partisipasi setiap warga, minimal seribu rupiah sehari,"kata Mahyeldi.

Ia mengatakan bagaimanapun situasinya, siswa tetap belajar dan mengikuti pendidikan dengan baik. Pendidikan tidak boleh berhenti, terganggu, sehingga dengan adanya dukungan internet ini semua pembelajaran tetap berjalan.

"Meskipun pandemi proses belajar tidak boleh berhenti, Pemko Padang saat ini telah menyediakan internet gratis di 11 masjid pada 11 kecamatan yang dapat digunakan siswa untuk belajar daring," jelasnya.

Mahyeldi juga berpesan kepada pengelola internet di masjid dan perkantoran agar dapat mengontrol pemakaian.Kemudian memastikan anak-anak saat belajar daring tetap mematuhi protokol kesehatan, jaga jarak dan menggunakan masker.

"Di satu sisi ini kemudahan, pada sisi lain ini tantangan agar akses internet dapat digunakan untuk hal yang sifatnya positif,"   katanya.

Sementara Kepala Dinas Kominfo Padang Rudy Rinaldy menyampaikan total titik jaringan internet yang disediakan Pemkot Padang hingga saat ini sudah mencapai 125 titik. Pada tahun ini ditargetkan semua kelurahan sudah tersedia akses internet gratis yang bisa dimanfaatkan masyarakat.

Khusus di Kelurahan Sungai Pisang, Bungus Teluk Kabung juga dipasang internet gratis di dua sekolah yaitu SD 13 dan SMP 37 yang dapat dimanfaatkan oleh pelajar setempat untuk menunjang proses pembelajaran.

"Pandemi Covid-19 membuat hampir semua kegiatan dialihkan secara virtual. Akibatnya, pengguna serta akses internet meningkat dari biasanya," sebutnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00