DPRD Sumbar Gelar Pemeriksaan Swab ke Tiga Kali

KBRN, Padang : Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat kembali menggelar pemeriksaan tes swab untuk ketiga kalinya dalam dua pekan terakhir. Pemeriksaan swab dilakukan terhadap 65 anggota DPRD, serta seluruh staf yang bekerja di lingkungan sekretariat kantor DPRD Sumbar, Senin (24/8).

"Upaya ini dilakukan untuk lebih mengintensifkan usaha menekan laju penyebaran Covid-19," kata Sekretaris DPRD Sumbar Raflis.

Menurutnya, swab massal ketiga ini  untuk menyikapi hasil tes swab kedua pada Selasa 18 Agustus lalu, yang menghasilkan temuan tiga sampel terkonfirmasi positif terpapar Covid-19. Hasil ini membuat, para anggota dan Sekretaris DPRD Sumbar lebih waspada agar jumlah orang yang terjangkit tidak terus bertambah.

“ASN di lingkungan sekretariat harus terbebas dari Covid-19. Oleh karena itu diperlukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, sehingga kinerja dan kegiatan di lembaga legislatif tidak terganggu," ujar Raflis kepada wartawan.

Raflis juga meminta, para anggota DPRD dan staf sekretariat yang tengah memiliki gangguan kesehatan, agar sebaiknya beristirahat dulu di rumah, atau segera melakukan pemeriksaan ke puskesmas atau rumah sakit sehingga dapat dipastikan tidak tergejala Covid-19.

"Kewaspadaan terus ditingkatkan. Itu dibuktikan dengan adanya swab massal yang ketiga kalinya di Gedung DPRD Sumbar. Semua komponen yang beraktivitas harus mengikutinya, tanpa terkecuali," katanya lagi.

Sementara itu, Sekretaris Komisi 1 DPRD Sumbar HM Nurnas mengatakan, pemeriksaan swab massal ini telah dirancang sejak tiga hari yang lalu. Target utamanya adalah, untuk memutus mata rantai penularan Covid-19, dengan cara memastikan semua anggota dan staf di DPRD Sumbar terbebas dari virus Corona.

Ia mengatakan, selain melaksanakan tes swab massal, tiap sisi Gedung DPRD Sumbar juga sudah disemprot dengan cairan disinfektan. Selain itu, setiap tamu yang tidak mengenakan masker atau tidak mengikuti standar protokol kesehatan yang ditetapkan, tidak akan diperkenankan masuk ke dalam lingkungan Gedung DPRD. 

"Demi kewaspadaan terhadap penyebaran, kita pastikan Gedung DPRD Sumbar ini steril dan tidak ada lagi yang terpapar ke depan. Tentunya melalui penyemprotan gedung serta pemeriksaan swab pada setiap orang yang beraktivitas di gedung ini," ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00