Jembatan Sikabu Padang Pariaman di Kebut

KBRN, Padang Pariaman : Pembangunan Jembatan Sikabu/Kayu Gadang Kecamatan Lubuk  Alung terus dikebut. Saat ini pekerjaan sedang pengecoran Pilar satu dari empat pilar yang direncanakan. 

Hal tersebut disampaikan oleh Inspektur Hendra Aswara saat meninjau lokasi pembangunan bersama Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Yendri beserta tim. 

“Saat ini progress sudah mencapai 31% per 26 Juli 2020, artinya deviasi surplus 18%. Pengecoran tapak dan pilar satu sedang dikerjakan” kata Hendra Aswara di Sikabu, Lubuk Alung, Jum'at (30/07/2020).

Hendra mengatakan pelaksana proyek juga telah memesan dan mendatangkan balok girder yang dipesan langsung dari perusahaan BUMN di Binjai, Propinsi Sumatera Utara. 

Selanjutnya, Hendra mengingatkan agar pekejaan sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan. Apalagi pekerjaan pembangunan jembatan tentunya dibutuhkan pondasi yang kuat dengan tujuan untuk menahan seluruh beban jembatan ke dasar tanah. 

“Sesuai arahan Bapak Bupati, Inspektorat bersama Tim BPBD monitoring pembangunan jembatan secara rutin. Tujuananya agar pekerjaan harus tepat mutu, kekuatan terjamin dan ketepatan waktu” kata Mantan Kadis Perizinan itu. 

Hendra juga mengingatkan agar para pekerja menjalankan protokol kesehatan Covid-19 dan melaksanakan Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK) selama pekerjaan berlangsung. 

Sementara Kabid Rehab Rekon BPBD Yendri mengatakan jembatan Sikabu/Kayu gadang telah dimulai awal April yang lalu. Jembatan sepanjang panjangnya 100 meter dan lebar tujuh meter dengan sistem beton prategang atau prestressed. Adapun biaya yang dianggarkan sebesar 25 Milyar yang merupakan hibah dari BNPB. 

"Jembatan ini sebagai akses utama menuju Stadion Utama Sumbar yang dalam akan digunakan untuk pembukaan MTQ Nasional pada bulan November nanti” kata Yendri.

Yendri berharap saran dan masukan inspektorat dapat menjadi perhatian oleh pelaksana dan pengawas proyek untuk keamanan dan kelancaran kegiatan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00