Menag Fachrul Razi : MTQ Jangan Sekadar Jadi Kompetisi

KBRN, Padang: Menteri Agama Fachrul Razi memastikan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat telah merampungkan kesiapan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional. Hal itu diungkapkannya ketika membuka peluncuran MTQ Nasional ke 28 secara virtual, Selasa siang (28/7/2020).

“Sumatera Barat telah menyiapkan semuanya. Kota Padang akan menjadi lokasi event akbar yang berlangsung 12 sampai 21 November 2020 mendatang,” ucap Menag Fachrul Razi.

Namun demikian, Menag Fachrul Razi meminta agar MTQ tidak sekadar dijadikan sebagai ajang adu kemahiran membaca, menghafal, dan menyampaikan Alquran. Kegiatan rutin dua tahunan ini diharapkan menjadi pendorong masyarakat luas, khususnya umat muslim untuk lebih memahami dan mengamalkan kandungan Alquran.

“Masih memprihatinkan. Indeks literasi umat Islam di Indonesia dalam baca tulis Alquran masih sangat rendah. 65 persen masih buta aksara Alquran. Padahal negara kita mayoritas muslim. Kondisi ini berbanding lurus dengan penhapalan, penghayatan dan pengamalan nilai Alquran,” bebernya.

Di sisi lain, Menag Fachrul Razi juga berharap, pandemi corona yang masih menyelimuti republik ini, tidak menjadi penghalang dalam pelaksanaan MTQ nantinya. Kuncinya, penerapan protokol kesehatan harus menjadi kewajiban dalam pelaksanaan setiap tahapan.

“Sediakan sarana dan prasarana pendukung untuk melaksanakan protokol kesehatan. Semua yang terlibat dalam MTQ harus dipastikan kesehatannya. Mulai dari dewan juri, sampai peserta.  Selain itu, menyangkut anggaran pelaksanaan MTQ harus akuntabel dan transparan,” pesannya.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno memastikan menjalankan protokol kesehatan dalam pelaksanaan MTQ nantinya. Dengan kebijakan itu, tentu saja gelaran MTQ menjadi berbeda dengan pelaksanaan sebelumnya yang dihadiri banyak orang.

“Seluruh yang terlibat dalam kegiatan ini kita swab untuk mengetahui terjangkit virus corona atau tidak. Kemudian, peserta berlomba tetap secara tatap muka, tapi penonton yang hadir di lokasi sangat dibatasi. Penonton bisa mengikuti lomba secara virtual,” ungkapnya.

Irwan Prayitno berharap, meski dilaksanakan di tengah pandemi, MTQ Nasional ke 28 berjalan sukses.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00