Terapkan Protokol Kesehatan Covid-19, Panitia Kurban Diimbau Antarkan Daging ke Rumah Penerima

KBRN, Padang : Dinas Pertanian Kota Padang mengimbau agar panitia kurban tahun ini dapat mengantarkan langsung daging kurban ke rumah penerima. Hal tersebut untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan masyarakat yang dapat menyebarkan Covid-19.

"Karena penyembelihan hewan kurban tahun ini di masa pandemi Covid-19, harus ada sejumlah protokol kesehatan yang dipenuhi agar tidak menimbulkan klaster baru penularan Covid-19," kata Kepala Dinas Pertanian Kota Padang, Syahrial Kamat saat diseminasi informasi secara daring yang diselenggarakan Diskominfo, Rabu (15/7/2020).

Menurutnya, Pemerintah Kota Padang telah membuat protokol kesehatan tentang pemotongan hewan kurban di masa tatanan kehidupan baru. Dalam pelaksanaan penyembelihan hewan kurban peserta yang akan menyaksikan harus dalam kondisi sehat dan mencuci tangan dengan sabun. Kemudian menggunakan masker dan menghindari kontak fisik, menjaga jarak, dan mengatur waktu penyembelihan.

"Kami ingatkan selain panitia dan peserta, warga lain tidak diperkenankan menyaksikan penyembelihan hewan kurban guna mengantisipasi kerumunan," tuturnya.

Sementara bagi pedagang hewan kurban Pemko Padang juga telah menerbitkan edaran tentang protokol kesehatan yang harus dipenuhi. Misalnya saja pedagang hanya menjual hewan yang memenuhi syarat untuk dikurbankan, dan dapat dilakukan secara daring atau kandang penampung.

"Kalau di kandang penampung tempat harus memenuhi persyaratan teknis, pedagang harus sehat, menyediakan tempat cuci tangan, memakai masker dan sedapat mungkin transaksi nontunai," ungkapnya.

Ia menambahkan untuk memastikan hewan kurban memenuhi syarat dan bebas penyakit pihaknya menurunkan tim pengawas sepekan jelang pelaksanaan Iduladha.

"Timnya sudah kita bentuk, sepekan jelang Iduladha kita langsung turun ke lapangan," ucapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00