Sekolah Perdana di Masa Pandemi Covid-19, SMP N 1 Padang hanya Pengenalan

KBRN, Padang : Siswa sekolah dasar dan Sekolah menengah pertama di Kota Padang terpantau kembali mendatangi sekolah pada hari ini, Senin (13/7/2020). Salah satu sekolah yang kembali didatangi siswa yakni SMP Negeri 1 Padang.

Pantauan RRI di lapangan, ratusan siswa SMP Negeri 1 Padang kembali memenuhi sekolah, dengan didampingi orangtua masing-masing sejak pukul 07:00 WIB. Kedatangan mereka untuk mendapatkan pengarahan dari pihak sekolah, terkait proses belajar daring yang akan dilakukan. Ratusan siswa SMP Negeri 1 Padang bersama dengan orangtua tampak menggunakan masker dan pelindung wajah.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Padang Hakim mengungkapkan, tidak hanya SMP Negeri 1 Padang yang mengumpulkan siswa di sekolah pada hari ini. Akan tetapi seluruh SD dan SMP yang ada di Kota Padang, sesuai dengan arahan Dinas Pendidikan.

Menurut Hakim, kegiatan hari ini hanya untuk pengenalan bagi siswa dan orangtua terkait proses belajar yang akan diselenggarakan secara daring. Kegiatan ini akan berlanjut selama tiga hari, karena jadwal siswa yang datang ke sekolah dibagi untuk mengantisipasi kerumunan.

"Kami bagi setiap hari tiga kelas untuk kelas 7, 8, dan 9 untuk menerapkan sosial distancing,"jelasnya.

Hakim menyampaikan, pihaknya telah menyiapkan sarana untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 seperti menyediakan tempat cuci tangan. Selain itu, siswa diwajibkan menggunakan masker, dan suhu tubuh diperiksa.

"Kalau suhu diatas 37 derajat lebih tidak diizinkan masuk. Protokol kesehatan prioritas kami agar siswa aman," jelasnya.

Sementara itu, orangtua siswa SMP Negeri 1 Padang Basril berharap, agar pihak sekolah memperhatikan penerapan protokol kesehatan Covid-19. Tujuannya agar tidak ada siswa yang terpapar Covid-19 di sekolah.

Basril juga meminta sekolah selalu memberikan edukasi kepada siswa terkait protokol kesehatan Covid-19, dan menghindari kerumunan serta menjauhi tempat-tempat yang dapat menimbulkan terpapar Covid-19.

"Sekolah harus memastikan penerapan protokol kesehatan Covid-19 benar-benar terlaksana," ungkapnya.

Sementara itu, Siswa SMP Negeri 1 Padang Bintang Raisa mengungkapkan, sebelum berangkat ke sekolah ia menyiapkan masker, dan membawa antiseptik pencuci  tangan atau handsanitizer.

"Selain itu saya juga membawa peralatan tulis," sebutnya.

Bintang Raisa mengaku lebih memilih pembalajaran secara daring di masa pandemi Covid-19 daripada secara tatap muka. Sebab di Kota Padang masih terjadi penambahan kasus positif Covid-19 hampir setiap hari.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00