Tiga Hari Ini Sumbar Diguyur Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang

KBRN, Padang : Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Minangkabau mengeluarkan peringatan dini waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Peringatan dini itu berlaku hingga dua hari ke depan, di hampir seluruh wilayah Sumatera Barat.

"Tiga hari inu cuaca diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga lebat disertai angin kencang dan petir," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Minangkabau, Yudha Nugraha saat dihubungi RRI di Padang, Sabtu (11/7/2020).

Menurut Yudha, potensi hujan sedang hingga lebat terjadi mulai sore hingga malam hari ini  Untuk hari ini, wilayah yang mesti mewaspadai kondisi dimaksud yakni Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kabupaten Pasaman Barat, Limapuluh Kota, Payakumbuh, Agam, Bukittinggi, dan Padang Pariaman. Sementara peringatan dini  Minggu 12 Juli dan Senin 13 Juli dikeluarkan untuk wilayah Kota Padang, Kabupaten Solok, Pesisir Selatan, Padang Panjang, Agam, Bukittinggi, dan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

"Sedangkan kelembaban udara mencapai 70 hingga 95 persen, dengan kecapatan angin berkisar antara 4 hingga 25 kilometer per jam," jelasnya.

Ia mengimbau agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan, karena kondisi cuaca hingga dua hari ke depan dapat berpotensi menimbulkan bencana alam seperti banjir dan longsor. Masyarakat yang tinggal di daerah aliran sungai dan perbukitan diimbau segera melakukan evakuasi dini apabila hujan lebat mengguyur lebih dari 3 jam.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00