Hari ini Gerhana Matahari Sebagian dapat Teramati Hampir di Seluruh Sumbar

KBRN, Padang : Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Padang Panjang memperkirakan gerhana matahari sebagian akan terjadi pada hari ini, Minggu 21 Juni 2020, di hampir seluruh wilayah di Sumatera Barat. Durasi gerhana matahari sebagian yang teramati di Sumatera Barat rata-rata 1:37 menit.

"Berdasarkan pengamatan masyarakat dapat melihat gerhana matari sebagian mulai pukul 14:03 WIB, sedangkan puncaknya pada pukul 14:54 WIB, dan gerhana akan berakhir pada pukul 15:37 WIB," ujar Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Padang Panjang Mamuri, saat dihubungi RRI di Padang, Minggu (21/6/2020).

Menurut Mamuri, bagi masyarakat yang ingin melihat proses terjadinya gerhana matahari sebagian dapat datang langsung ke kantor BMKG Padang Panjang atau dapat mengikuti siaran langsung dari kanal bmkg.go.id/GMC.

"BMKG Padang Panjang akan melakukan pengamatan gerhana matahari tersebut di halaman kantor mulai pukul 12:00 WIB, silahkan saja bagi masyarakat yang ingin bergabung melihat bersama kami," sebutnya.

Mamuri mengimbau, bagi masyarakat yang menyaksikan gerhana matahari sebagian secara langsung harus menggunakan kacamata hitam. Sebab dikhawatirkan apabila tidak menggunakan pelindung mata, akan berefek tidak baik bagi mata. Ia menambahkan diperkirakan terjadi enam kali gerhana baik bulan dan matahari pada tahun ini.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00