BMKG Pasang 14 Unit WRS Generasi Terbaru di Sumbar

KBRN, Padang : Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Padang Panjang mulai memasang 14 unit alat penyebarluasan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami. Alat yang disebut Warning Receiver System (WRS) ini, akan disebar ke berbagai wilayah rawan gempa dan tsunami di Sumatera Barat.

"Ditargetkan pemasangan alat penyebarluasan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami tersebut dapat dituntaskan hingga akhir Juni 2020," ujar Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Padang Panjang Mamuri, saat dihubungi RRI di Padang, Jumat (19/6/2020).

Mamuri merincikan, WRS  akan dipasang di Pusdalops Kota Padang, Pusdalops dan Kantor BPBD Provinsi Sumatera Barat, serta Angkasapura BIM. Kemudian, BPBD Kota Pariaman, BPBD Kabupaten Solok, BPBD Limapuluh Kota, Stageof PPI, BPBD Kabupaten Agam, dan BPBD Kabupaten Pasaman. Ditambah di BPBD Kabupaten Pasaman Barat, BPBD Kabupaten Pesisir Selatan, BPBD Kabupaten Solok Selatan, dan BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai.

"Pemasangan sudah mulai sejak kemarin, hari ini sedang pemasangan di BPBD Provinsi Sumatera Barat, dan akan menyusul daerah lainnya," sebutnya.

Mamuri menyampaikan, pemasangan 14 unit WRS generasi terbaru ini, merupakan lanjutan dari pemasangan 15 sensor pada tahun lalu. WRS tersebut merupakan bantuan dari BMKG pusat untuk berbagai wilayah di Indonesia.

"Ada 315 WRS yang akan dipasang di berbagai lokasi di wilayah di Indonesia. Kita di Sumatera Barat kebagian 14 unit," jelasnya.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Padang Panjang Mamuri,  berharap setelah WRS generasi terbaru ini dipasang dapat meningkatkan performa penyebarluasan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami dari BMKG Pusat Jakarta ke kantor unit pelaksana teknis BMKG, pemerintah daerah, lembaga atau kementerian, media, dan lembaga lain yang terkait penanganan bencana.

"WRS generasi terbaru yang tentu saja menggunakan teknologi terbaru ini memiliki nama baru yaitu “WRS NewGen” yang berbeda dengan WRS sebelumnya. WRS NewGen merupakan terobosan baru BMKG dalam penyebarluasan informasi gempabumi dan peringatan dini tsunami, karena alat ini akan memberikan informasi gempa secara lebih cepat karena bersifat real time," tuturnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00