PSBB Pondasi Dasar New Normal Life

Defriman Djafri

KBRN, Padang : Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas (Unand) Padang Defriman Djafri mengungkapkan, penerapan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) merupakan pondasi dasar menuju new normal life atau tatanan kehidupan normal baru.

"Dari awal sering saya katakan PSBB itu semestinya tidak dimaknai sebagai kegiatan politik atau hal lainnya. Namun PSBB adalah upaya mendidik masyarakat untuk mengubah perilaku menuju new normal life," katanya saat dialog interaktif di RRI Padang, Rabu (27/5/2020).

Menurut Defriman Djafri, sebelum diterapkannya kehidupan normal baru, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat maupun Pemerintah Kabupaten/kota harus mengevaluasi pelaksanaan PSBB. Aturan-aturan yang ada didalam PSBB harus benar-benar terwujud di lapangan, sehingga nantinya kehidupan normal baru yang diinginkan dapat berjalan dengan baik.

"PSBB itu bukan hanya sekedar kebijakan, tetapi benar benar harus diterapkan di lapangan. PSBB mendidik masyarakat agar displin mematuhi protokol kesehatan Covid-19, sehingga tidak sulit beradaptasi nantinya ketika new normal life dijalankan," tuturnya.

Ahli Epidemologi ini menyampaikan banyak masyarakat yang tidak paham terhadap kebijakan PSBB, sehingga tugas pemerintah untuk menjelaskannya. Sebab saat ini dipikiran masyarakat setelah PSBB usai, mereka dapat beraktivitas kembali tanpa harus menggunakan masker, tidak menjaga jarak, dan tidak menjaga kebersihan. Padahal kehidupan normal baru mengharuskan masyarakat tetap mematuhi aturan-aturan yang telah tertuang di dalam PSBB.

"Dipikiran masyarakat saat ini usai PSBB, awal Juni sudah boleh sekolah, sudah boleh beraktivitas kembali, tidak usah pakai masker tidak perlu pakai jarak. Inikan salah, padahal konsep new normal itu aturannya sudah ada di PSBB. Makanya penerapan PSBB itu harus benar," jelasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00