2 Orang Positif Covid-19, Kota Sawahlunto Tak Lagi Zona Hijau Di Sumbar

KBRN, Padang : 2 orang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Sawahlunto, sehingga menjadikan daerah tersebut tidak lagi berstatus zona hijau di Sumatera Barat. Dua warga yang positif tersebut merupakan hasil dari pemeriksaan tes swab pada 578 sampel yang dilakukan beberapa hari yang lalu.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Barat Jasman Rizal dalam rilis tertulis menyampaikan pada hari ini bertepatan dengan 1 Syawal 1441 hijriyah terjadi penambahan 35 kasus positif Covid-19. Dua warga yang positif tersebut yakni pria 63 tahun warga desa Sikalang Kecamatan Talawi, pekerjaan swasta, diduga terpapar dari posko perbatasan, penanganan isolasi daerah. Kemudian wanita 33 tahun, warga komplek PLTU Ombilin Talawi Hilia, status ibu rumah tangga, terinfeksi karena pulang dari Padang tanggal 10 Mei 2020, penanganan isolasi daerah.

"Ini kasus pertama dari Kota Sawahlunto, sedangkan penyumbang terbanyak masih berasal dari Kota Padang yakni 24 kasus. Mayoritas masih berasal dari pedagang di Pasar Raya Padang," sebutnya, Minggu (24/5/2020).

Menurut Jasman, kasus lainnya berasal dari Kota Payakumbuh 5 kasus, dan Kabupaten 50 Kota, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Padang Pariaman dan Kabupaten Solok masing-masing 1 kasus. 

Total hingga hari ini 478 warga Sumatera Barat terkonfirmasi positif Covid-19. Untuk itu ia mengimbau agar masyarakat tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19 selama Lebaran. Hal itu guna menekan penyebaran Covid-19 di Sumatera Barat, yang semakin mengkhawatirkan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00