Antisipasi Penyebaran Korona, SKB CPNS Diundur Hingga Waktu yang Belum Ditentukan

KBRN, Padang: Hasil Seleksi Kompetensi Dasar CPNS di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) telah diumumkan dua hari lalu atau di tanggal 23 Maret 2020. Namun, pengumuman itu tak lantas langsung berlanjut pada tahapan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Sebab, jadwal SKB untuk perekrutan CPNS di lingkungan Pemrpov Sumbar yang awalnya diagendakan hari ini (25/3/2020), diundur hingga waktu yang belum ditentukan.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumbar, Abdul Gafar, mengatakan, langkah itu diambil menindaklanjuti kebijakan pemerintah yang menerapkan jarak dalam berinteraksi sosial. Sebab pemerintah telah meminta masyarakat untuk tidak berkumpul dalam kerumunan atau menggelar kegiatan yang mengundang banyak orang. Tujuannya untuk memutus mata rantai penularan virus korona.

“Kondisi kita sedang darurat menghadapi wabah penularan virus korona. Jadi pemerintah sementara ini fokus untuk penanganan dahulu. Apalagi kalau melaksanakan seleksi CPNS dalam waktu bersamaan, ribuan orang datang, nah itu potensi besar terjadinya penularan,” ucap Abdul Gafar ketika dihubungi RRI Padang, (25/3/2020).

Gafar menjelaskan, terkait kepastian jadwal SKB, pemerintah daerah akan menunggu arahan dari pemerintah pusat. Menurutnya, kondisi saat ini harus disikapi secara positif oleh peserta CPNS.

“Kita ambil positifnya. Kalau jadwal diundur, tentu peserta yang telah dinyatakan lulus ujian dasar bisa menyiapkan lebih matang kemampuannya sebelum menjalani seleksi berikutnya. Petugas bisa menyiapkan secara fisik kesehatannya sebelum melaksanakan tugas sebagai panitia seleksi,” tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00