Disdukcapil Padang Cetak 2 Ribu e-KTP, Masyarakat Diimbau Cek di Kecamatan

KBRN, Padang : Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang telah melakukan pencetakan 2 ribu keping Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP). Bagi masyarakat yang telah melakukan perekaman e-KTP dapat menceknya ke kecamatan masing-masing. 

"2 ribu e-KTP baru saja kita cetak dan sudah kita distribusikan ke 11 kecamatan. Silahkan lihat ke kecamatan masing-masing," ujar Kepala Disdukcapil Kota Padang Muji Susilawati saat ditemui RRI di kantornya, Jumat (21/2/2020).

Menurut Muji, memang belum semua yang merekam e-KTP dapat dilakukan pencetakan. Hal tersebut disebabkan blangko dari Dirjen Dukcapil Kemendagri datang secara bertahap.

"Pencetakan disesuaikan dengan urutan perekaman e-KTP. Masyarakat yang telah melakukan perekam bisa langsung melihat daftar namanya di kecamatan tempat mereka berdomisili," katanya. 

Lanjutnya, saat ini yang sudah merekam e-ktp di Disdukcapil Kota Padang sekitar 8 ribuan lebih. Bagi masyarakat yang baru mengurus perekaman e-KTP, sementara waktu akan diberi surat keterangan (suket).

"Masyarakat yang baru merekam, masih diberi suket. Namun setelah blangko datang dari pusat, akan segera kami ganti dengan e-KTP," ungkap mantan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang ini. 

Muji berharap agar tidak ada yang melakukan penolakan terhadap penggunaan suket. Sebab suket yang diberikan resmi sebagai pengganti ketidaktersediaan blangko e-KTP. 

"Suket itu sama fungsinya dengan e-KTP, dan resmi dari pusat. Seharusnya tidak ada yang menolak penggunaan suket ini. Kami berharap pemegang suket dapat bersabar, karena blangko e-KTP dari pusat datangnya bertahap," tuturnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00