DPRD Sumbar Tetapkan 18 Propemperda di 2020

KBRN,Padang : Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat menetapkan 18 usulan Rancangan Peraturan Daerah (Ranpenda) pada 2020 mendatang, melalui rapat paripurna di Gedung DPRD Sumbar, Rabu (27/11/2019).

Wakil Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD Sumatera Barat Sitti Izzati Aziz mengungkapkan, 18 ranperda itu dituangkan dalam rancangan program pembuatan peraturan daerah (propemperda) terdiri dari 13 Ranperda berasal dari pemerintah daerah serta 5 ranperda berasal dari usul inisiatif DPRD Sumbar.

"Dengan telah disetujui dan ditetapkannya Propemperda Provinsi Sumatera Barat tahun 2020, maka pemerintah daerah telah memiliki arah dan program yang jelas dalam pembentukan perda," sebutnya.

Rapat paripurna tersebut dipimpin Wakil Ketua DPRD Sumatera Barat Suwirpen Suib didampingi Irsyad Syafar, dan dihadiri Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Alwis.

Suwirpen Suib mengatakan, penyusunan perencanaan pembentukan produk hukum daerah mesti dilakukan secara terpadu, terarah, dan sesuai dengan skala prioritas. Perencanaan pembentukan produk hukum daerah yang dimaksud yaitu propemperda, perencanaan penyusunan rancangan peraturan daerah kumulatif terbuka, dan rencana penyusunan ranperda di luar propemperda.

"Kami meminta masing-masing OPD termasuk DPRD menyiapkan secara matang rencana pembahasan masing-masing perda termasuk penyediaan alokasi anggaran,"katanya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Alwis mengungkapkan, bahwa pemerintah daerah berhak menetapkan peraturan daerah demi melaksanakan otonomi daerah, Terpenting pembentukan peraturan daerah tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00