Pemko Padang Gelar Peringatan Hari Bela Negara Ke 71

KBRN, Padang : Pemerintah Kota Padang akan menggelar peringatan Hari Bela Negara ke 71 dengan sejumlah kegiatan yang dimulai sejak 16 hingga 20 Desember mendatang.

Kepala Kesbangpol Kota Padang Imral Fauzi mengungkapkan, ada tiga kegiatan besar yang digelar, yakni napak tilas, upacara bendera dan seminar nasional. Direncanakan salah satu agenda akan dihadiri oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

"Untuk napak tilas digelar dalam mengenang perjalanan pejuang PDRI dimulai 16 hingga 18 Desember 2019. Ditargetkan peserta sebanyak 300 orang dari OKP dan ormas se-Kota Padang," katanya saat diseminasi informasi di Command Center Balai Kota Padang, Rabu (4/12/2019).

Menurut Imral, napak tilas dimulai dari GOR H. Agus Salim dilepas oleh Walikota Padang. Kemudian, langsung ke Kabupaten Limapuluh Kota karena adanya monumen PDRI, disana akan dilakukan bakti sosial dan pencerahan dari bupati 50 Kota. Selanjutnya, 17 Desember 2019 berangkat ke Bidar Alam mengunjungi tugu perjuangan PDRI serta kunjungan ke rumah singgah Mr Syaruddin Prawira Negara dan kembali lagi kepada tanggal 18 Desember 2019.

"Tujuan kegiatan Hari Bela Negara ini untuk meningkatkan rasa cinta tanah air, semangat kebangsaan dan patriotisme," sebutnya.

Ia menambahkan, untuk kegiatan kedua yakni upacara bendera pada 19 Desember  dilaksanakan di  GOR H. Agus Salim. Pembina upacara diminta Menteri Pertahanan Prabowo meski hingga kini belum ada kepastian. Lalu, inspektur upacara di GOR Agus Salim diminta Pangdam 1 Bukit Barisan dan dimeriahkan dengan drama kolosal dengan menghadirkan ratusan siswa SD-SMP. Sementara itu, pada 20 Desember 2019, diadakan seminar nasional yang akan dilaksanakan di Convention Hall STKIP dengan menghadirkan narasumber pusat dari Kementerian Pertahanan dan ketua forum bela negara pusat dan gubernur Sumbar, sejarawan Prof Gusti Adnan serta ketua Forum Bela Negara Sumbar serta Kadis Pendidikan Kota Padang.

"Kita masih menunggu konfirmasi dari Menhan," ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00