Konflik Lahan Sawit PT LIN Pabar, Agar Masyarakat Tidak Terpancing Informasi Tidak Benar

KBRN, Padang : Menyikapi permasalahan antara sejumlah masyarakat dengan PT Laras Inter Nusa (LIN) yang masih terus terjadi, pucuk adat yang dipertuan kinali angkat bicara. Tuanku Asrul yang dipertuan kinali mengatakan bahwa PT Lin disebut telah merealisasikan plasma bagi masyarakat. Asrul juga mengatakan pihaknya turut serta menginisiasi adanya kebun plasma dan hal tersebut telah dikabulkan oleh PT LIN sejak lama.

Asrul yang dipertuan kinali menegaskan pihaknya merupakan pucuk adat yang sah, mengajak masyarakat tetap mengedapankan musyawarah dan tidak mudah terpancing informasi yang tidak benar. Menurutnya, PT LIN adalah satu-satunya perusahaan sawit yang merealisasikan plasma. Sebab, pihak perusahaan yang sebelumnya justru tidak pernah memberikan plasma seperti yang dilakukan PT LIN. Kini kebun plasma dikelola koperasi dan akan terus dimanfaatkan bagi masyarakat.

“Saya sebagai pucuk adat yang dipertuankan Kinali yang asli, mengimbau musyawarah dan tidak mudah terpancing informasi tidak benar. Sebetulnya, plasma bagi masyarakat telah ada dan akan terus dimanfaatkan bagi masyarakat sendiri,” ucap Asrul (Kamis, 24/06/2021).

Sebelumnya, semua pihak terkait konflik sawit di kinali Kabupaten Pasaman Barat mengadakan pertemuan di Polda Sumatera Barat untuk mencari solusi dari permasalahan tersebut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00