Cuaca Ekstrim, Nelayan Pastikan Kapal Dalam Kondisi Ready

KBRN, Padang :  Menyikapi kondisi cuaca yang ekstrim beberapa hari belakangan ini, Kantor Pencarian dan Pertolongan Orang Basarnas Kepulauan Mentawai meminta para nelayan untuk tetap waspada. Pastikan kondisi kapal dalam keadaan siaga ketika melaut.

Kepala Basarnas Kepulauan Mentawai Akmal pagi tadi mengatakan, untuk saat ini kondisi gelombang di perairan barat Sumatera Barat dan Mentawai berkisar 2,5 meter hingga 4 meter. Untuk itu pihaknya menghimbau dan mengajak para nelayan atau masyarakat yang berkativitas di laut untuk tetap mematuhi imbauan dan informasi dari BMKG Maritim Teluk Bayur. Seperti terjadinya perubahan cuaca, kondisi fisik tubuh sehat serta logistik yang mencukupi. Selain itu yang perlu diperhatikan jika melaut yakni kondisi kapal yang baik dan bahan bakar minyak yang cukup selama melaut.

“Kita tetap menghimbau para nelayan, baik nelayan tradisional maupun yang menggunakan kapal besar, agar lebih meningkatkan kewaspadaannya. Gelombang tinggi sering terjadi kapan saja,”ujar Akmal, Rabu (23/06/2021).

Lebih lanjut Kepala Basarnas Kepulauan Mentawai Akmal menjelaskan, potensi gelombang dengan ketinggian 1.0 - 2.5 Meter berpeluang terjadi di wilayah Perairan Barat Sumatera Barat, Perairan Timur Kep. Mentawai, dan Perairan Bengkulu. Potensi gelombang dengan ketinggian 1.50 - 3.00 Metger berpeluang terjadi di wilayah Perairan Utara Siberut, dan Perairan Barat Kepulauan Mentawai dan  gelombang dengan ketinggian 2.00 - 3.50 Meter  berpeluang terjadi di wilayah Samudera Hindia Barat Kepulauan Mentawai, Perairan Timur Enggano dan Samudera Hindia Barat Bengkulu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00