Lansek Manieh, Ikon Daerah yang TidakTerlupakan

KBRN, Padang : Lansek, salah satu nama buah yang mungkin sudah akrab di telinga masyarakat, terlebih bagi mereka yag berasal dari Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat. Jika musim buah tiba, lansek dijajakan pedagang di berbagai area, mulai dari pinggiran jalan, pasar bahkan sampai ke  pekarangan rumah warga. Menikamati buah  satu ini memang tidak akan  ada puasnya, apalagi jika Lansek yang dibeli berasal dari  Kabupaten Sijunjung, nagari cantik  yang  dijuluki  Ranah Lansek Maieh. 

Jika menilik kisahnya, tidak diketahui secara  pasti,  kapan dan bagaimana julukan tersebut  bisa muncul. Tetapi sebagian orang tua di Sijunjung berpendapat,  dahulunya  di daerah ini terdapat banyak sekali buah Lansek dan masyarakat menjualnya sampai keluar daerah.

" Lansek Sijunjung dikenal paling manis walaupun daerah lain juga menghasilkan buah yang sama," ungkap Sarilah, pedagang Lansek musiman kepada RRI, Selasa,(22/06/2021).

Hal serupa juga diungkapkan Nazwir, petani Lansek di Kabupaten Sijunjung. Menurutnya Lansek yang dihasilkan dari Sijunjung memang  jauh berbeda  cita rasanya  dibanding Lansek di luar Sijunjung. Hal inilah yang menyebabkan Lansek dari Sijunjung dikenal begitu luas hingga ke luar Sumatera Barat. Berbisnis Lansek Manieh jarang merugi dikarenakan pembeli yang berburu buah ini tidaklah sedikit. Hanya beberapa saat, Lansek Manieh diborong pembeli yang sebagian besar kaum muda yang kala bersantai memilih menikamti buah satu ini.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00