Vaksinasi Secara Bertahap di Lingkup Pemasyarakatan

KBRN, Padang : Pandemi Covid19 menuntut kearifan dari semua pihak, termasuk lingkup pemasyarakatan di Sumatera Barat. Dalam perbincangannya dengan RRI, Selasa, (22/06/2021), Kanwil Kemenkum HAM Sumatera Barat, R. Andika Dwi Prasetya mengatakan, pada intinya semua pihak harus memegang komitmen,  memutus rantai penularan Covid19 yang kini muncul dalam beberapa varian.

Meski varian baru Covid19 belum masuk ke Sumatera Barat, namun semua pihak harus tetap waspada, terlebih di lingkup pemasyarakatan yang menurutnya  cukup rawan akan  penularan virus Corona tersebut. 

"  Bertolak dari realita tersebut penting bagi negara melindungi masyarakatnya tanpa terkecuali narapidana  dan tahanan yang menghuni lapas dan rutan di daerah ini," ujarnya R. Andika.

Secarqa perlahan, pemerintah harus pula memperhatikan warga binaan dan juga petugas pemasyarakatan agar terhindar dari paparan virus, seperti halnya upaya pencegahan yang sudah dilakukan pada salah satu rutan di Sumatera Barat.

Andika berharap, langkah serupa  dapat  diterapkan secara merata pada seluruh  lapas dan rutan di  wilayah Sumatera Barat. Ribuan warga binaan pemasyarakatan yang membutuhkan perlindungan diri untuk mereka tetap bisa merasa nyaman  dalam beraktifitas. Selaku wadah pembinaan strategis, berbagai kegiatan diterapkan terhadap warga binaan. Dalam kondisi ini, vaksinasi menjadi salah satu bagian dari upaya pelrindungan diri dari paparan virus yang bisa menjangkiti orang – orang diberbagai lingkup kegiatan, salah satunya yang rterbilang rawan dengan potensi penularan yang bisa berlangsung demikian cepat adalah lapas dan rutan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00