Gerobak Sedekah Di Bulan Ramadhan

KBRN, Padang: Pada bulan Ramadhan, seringkali banyak ditemui orang atau kelompok yang membagikan makanan secara gratis baik di dalam masjid, musala, atau di jalan raya. Semua ini dilakukan tidak lain karena niat untuk berbagi di bulan yang suci ini. Salah satunya yakni munculnya gerobak sedekah saat Ramadhan.

Bulan Ramadhan menjadi momen umat muslim berlomba-lomba dalam menabung kebaikan untuk mendapatkan pahala dan keberkahan. Salah satunya, dengan berbagi kepada sesama dengan mendirikan Gerobak sedekah.

Gerobak sedekah di bulan Ramadhan ini banyak dijumpai, dengan tujuan memberikan kesempatan kepada siapa saja untuk berbagi secara gratis, dengan cara menaruh makanan dan minumannya di Gerobak Sedekah dengan kata lain siapa saja boleh memberi dan siapa saja boleh mengambil. Namun, konsep berbeda dilakukan para perantau dan pemerintahan dari Nagari Bukik Batabuah Kabupaten Agam.

Wali Nagari Bukik Batabuah Firdaus kepada RRI mengatakan, gerobak sedakah menjadi salah satu program berbagi di bulan Ramadhan yang diisi dengan berbagai makanan dan minuman takjil untuk berbuka secara gratis kepada yang membutuhkan. Tujuan lain dari adanya gerobak sedekah ini pun diantaranya membantu para pedagang takjil, dimana efek pandemi covid-19 dari dua periode Ramadhan, saat ini sangat dirasakan dan sangat berimbas kepada ekonomi masyarakat di Nagari tersebut.

"Gerobak sedekah di dirikan di 11 titik yang tersebar di 4 jorong se Nagari Bukik Batabuah yakni jorong Gobah, Jorong Batabuah Koto Baru, Jorong Batang Silasiah dan Jorong Kubang Duo Koto Panjang dengan konsep para perantau mengirimkan sejumlah uang dari rantau, dan pemerintahan Nagari membantu membeli berbagai pangan berbuka seperti beraneka kolak dan lauk pauk kepada pedagang yang berjualan dan menaruhnya di gerobak sedekah tersebut," ungkapnya.

Firdaus menambahkan, tujuan adanya gerobak sedekah tersebut tidak hanya sebagai upaya berbagi namun, juga terdapat nilai edukasi kepada masyarakat. Bagi perantau dan umat muslim yang masih ingin berbagi maka panitia di Pemerintahan Nagari tersebut siap menerima dan menyalurkan ke gerobak sedekah tersebut.

"Tidak cukup dengan menekankan nilai berbagi dengan ceramah agama, namun juga harus di barengi dengan praktek penerapan nilai berbagi yang di mulai di lingkungan masyarakat," jelasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00