Mengetas Permasalahan Sampah Di Kabupaten Pasaman Barat

KBRN, Padang : Sebagai langkah untuk mengentaskan persoalan sampah yang semakin hari semakin memprihatinkan, Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat akan membangun tempat pengolahan sampah reduce, reuse dan recycle atau TPS 3R di empat nagari di tahun ini.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pasaman Barat Adrinaldi menyampaikan permasalahan sampah merupakan hal serius untuk ditangani. Dengan adanya program pembangunan TPS 3R dimaksud, nantinya dalam permasalahan sampah di Kabupaten Pasaman Barat dapat diminimalisir.

Adrinaldi mengatakan untuk tahun 2021 ini, Pemkab Pasaman Barat mendapat bantuan pembangunan TPS 3R dari pemerintah pusat sebanyak empat titik. Program itu, nantinya akan direalisasikan di Nagari Aua Kuniang, Nagari Sinuruik, Nagari Muaro Kiawai Dan Nagari Ujung Gading.

Adrinaldi juga menyampaikan saat ini, pemerintah sedang menyusun kelompok pelaksana dari masyarakat karena program ini akan dikerjakan dan dikelola langsung oleh masyarakat setempat.

“Alhamdulillah untuk di tahun 2021 ini dapat dana DAK dari pusat untuk TPS 3R. Jadi nanti melalui mesin ini, sampah ini dapat dipilah ya mana sampah organic dan mana sampah un organik,” terang Adrinaldi kepada RRI (Senin, 19/04/2021).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pasaman Barat Adrinaldi menambahkan selain untuk mengatasi sampah, TPS 3R tersebut juga dapat memberikan nilai ekonomis bagi masyarakat karena sampah-sampah yang ada akan didaur ulang dan dijadikan kompos.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00