Pemko Padang Larang Sarang Burung Walet Dekat Pemukiman

KBRN, Padang : Pemerintah Kota Padang melarang pengusaha untuk membuat sarang burung walet di dekat pemukiman warga.

"Usaha burung walet menjadi primadona sejak beberapa waktu belakangan ini. Pengusaha walet seringkali membuat sarang di bangunan rumahnya yang berada di pemukiman penduduk," kata Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syahrial Kamat, Rabu (14/4/2021). 

Syarial mengatakan, sarang burung walet hatusnya berada di suatu bangunan yang terpisah dan jauh dari warga. Sebab burung walet butuh tempat atau bangunan yang tenang tanpa ada kebisingan. 

“Jika banyak suara-suara atau bising, walet biasanya tidak mau singgah ke bangunan tersebut, suasana tenang akan membuat walet berkembangbiak dengan baik,” katanya.

Menurut Syahrial, saat ini banyak pengusaha walet yang memanfaatkan gedung rumah sendiri sebagai sarang walet. Lahan terbatas digunakan pengusaha walet dengan memanfaatkan lantai dua atau tiga bangunan sebagai sarangnya.

“Hal ini kerap meresahkan warga sekitar dan banyak yang komplain,” kata Syahrial Kamat. 

Untuk itu, Dinas Pertanian Kota Padang akan mendata kembali pengusaha walet yang ada di Kota Padang. Setelah mendata, Dinas Pertanian melihat kembali potensi walet yang merupakan produksi ekspor, serta melihat permasalahan yang terjadi. 

“Selain itu kita akan sosialisasikan ke masyarakat bagaimana teknik lokasi walet yang ideal,” ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00