Natal Dalam Suasana Pandemi

KBRN, Padang : Perayaan Natal di tengah pandemi, dilaksanakan secara sederhana. Natal tahun ini hanya di isi dengan beribadah dan silahturahmi. Berbagai  harapan di sampaikan oleh ummat, agar Natal tahun depan dapat digelar secara normal kembali.

Pelaksanaan ibadah Natal di sejumlah Gereja di Kota Padang sejak tadi malam hingga sore ini terpantau berjalan aman dan lancar. Pengamanan dari pihak kepolisian disiagakan di setiap Gereja yang ada di Kota Padang khusunya. Tidak saja dari jajaran Polda Sumbar, jajaran Polresta Padang juga ikut mengamankan.

Seperti halnya di Gereja Katedral Santa Theresia Padang. Hari ini seluruh ummat kristiani melaksanakan ibadah misa Natal, mulai pagi tadi misa pertama hingga misa 4 sore ini. Berbagai harapan di sampaikan oleh ummat, agar di Hari Natal ini selalu diberikan keberkahan dan dijauhi dari segala mara bahaya, terutama wabah virus corona ini.

Indra salah seorang warga Palembang yang sengaja merayakan Natal tahun ini di Kota Padang mengatakan, dikarenakan masih dalam pandemi, Natal di rayakan secara sederhana saja. Indra berharap, wabah covid dapat berlalu, sehingga Natal dapat di rayakan oleh seluruh ummat.

“Ya saya berharap, damai Natal hari ini tidak saja bagi ummat Katholik, namun untuk semua orang, toleransi dan tenggangrasa yang sudah mulai pudar di perkuatkan kembali,”ujar Indra, Sabtu (25/12/2021).

Harapan yang sama juga diutarakan oleh Christiani, kondisi pandemi ini dapat berlalu, sehingga seluruh sendi sendi kehidupan kembali normal.

“Harapannya, kita masih pandemi ya, semoga kondisi negeri kita Indonesis, dan dunia umumnya kembali normal lagi,”ujar Christiani.

Pada kesempatan yang sama Sambrina Hutapea juga menututurkan, semoga pandemi covid 19 cepat berlalu, sehingga Natal tahun depan dapat dilaksanakan bersama keluarga. Menurutnya, ibadah saat ini masih mentaati aturan protokol kesehatan.

“Semoga tahun depan Natalnya dapat kita laksanakan bersama keluarga, sekarang kan anak anak tidak di boleh masuk gereja karena pandemi covid 19,”tutur Sambrina

Pelaksanan ibadah Natal di masa pandemi tahun ini memang menerapkan protokol kesehatan. Pastor Gereja Katedral Santa Theresia Padang Martius Projo mengatakan, dalam kondisi normal dapat menampung 800 jemaat, namun dalam masa pandemi hanya di isi sebanyak 350 orang.

“Dalam normal, gereja dapat menampung 800 orang, namun masih pandemi covid 19, kita batasi sesuai imbauan hanya 350 orang,”tutur Pastor.

Untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi ummat Kristiani dalam beribadah, Polresta Padang menurunkan anggotanya untuk melakukan pengamanan di setiap Gereja di Kota Padang. Selain itu juga di bantu dari Direktorat Pengamanan Objek Vital Polda Sumatera Barat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar