FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Lindungi Ibu Hamil Dari Covid-19

KBRN, Padang : Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kota Padang terus berjalan hingga saat ini. Kini, pemberian vaksinasi Covid-19 jangkauannya lebih luas, tidak terkecuali dapat diberikan kepada ibu hamil. Hal ini disesuaikan dengan aturan yang telah dikeluarkan pemerintah pusat.

Seorang ibu hamil terlihat antusias ikut mengantre di salah satu fasilitas kesehatan di Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Kehadirannnya untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Ditemui RRI di Padang, pagi tadi ibu hamil yang bernama Desi ini mengatakan, kini usia kehamilannya sudah memasuki 20 minggu. Ibu hamil berusia 30 tahun ini menyampaikan, memilih ikut vaksinasi Covid-19 atas kemauan sendiri. Kondisi dimaksud didasari atas tingginya kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Padang.

Memang benar, sudah hampir tiga bulan terakhir kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Kota Padang terbilang tinggi. Meskipun sejak beberapa hari lalu, sudah mulai terjadi penurunan tetapi jumlahnya masih ratusan setiap hari yang terpapar.

"Kasus positif Covid-19 kian banyak terjadi," katanya Rabu (25/8/2021).

Berangkat dari hal dimaksud, Desi lebih memilih untuk membentengi diri dan calon buah hati dengan pemberian vaksinasi Covid-19 agar tidak ikut terpapar.

Walaupun tersirat ada sedikit kekhawatiran karena tidak bisa dipungkiri ikut terpengaruh berita bohong atau hoax seputar vaksinasi, namun ia bertekad meyakininya bahwa vaksinasi merupakan salah satu bentuk ikhtiar dalam melawan pandemi.

"Khawatir tentu saja, tapi tentu ini sudah melalui uji klinis yang panjang," katanya.

Desi menambahkan, kendatipun telah melakulan vaksinasi Covid-19 namun ia akan tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Sebagai ibu hamil yang aktif bekerja dan sering berinteraksi dengan banyak orang, protokol kesehatan Covid-19 merupakan hal wajib yang harus dipatuhi. Menggunakan double masker, sering mencuci tangan dengan sabun, membawa peralatan makan sendiri dan menjauhi kerumunan adalah hal mutlak yang tidak bisa ditawar di masa pandemi Covid-19.

"Saya berharap dengan upaya yang telah dilakukan ia dan calon bayinya tidak terpapar Covid-19," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Sumatera Barat, Dokter Dovi Djanas, mengajak ibu hamil segera mendatangi fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19. Ibu hamil dengan usia kandungan 12 minggu hingga 33 minggu, saat ini telah diperbolehkan mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Kepada RRI di Padang, pagi tadi, Dokter Dovi Djanas menyampaikan, ibu hamil merupakan salah satu kelompok yang berisiko tinggi terpapar Covid-19. Dengan tingginya kasus positif Covid-19 saat ini, menyebabkan banyak ibu hamil ikut tertular. Untuk itu, pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan surat edaran tentang pemberian vaksinasi pada ibu hamil yang sudah dapat dilaksanakan sejak 2 Agustus lalu.

"Sudah banyak kasus ibu hamil yang terpapar Covid-19 dan tidak sedikit pula yang berujung pada kematian," katanya.

Dovi mengungkapkan, pemberian vaksinasi pada ibu hamil tidak jauh berbeda dengan kelompok lainnya. Sebelum divaksin, ibu hamil akan melewati tahapan skrining seperti pengecekan suhu tubuh, tekanan darah hingga riwayat penyakit.

"Pada dasarnya cara pemberiaanya ya sama saja, tujuannya juga sama," ujarnta.

Ketua POGI Sumbar Dokter Dovi Djanas berharap, dengan pemberian vaksinasi Covid-19 pada ibu hamil dapat mengurangi resiko terpapar Covid-19, sehingga dapat menekan kasus kematian ibu hamil. Ibu hamil yang telah mendapatkan vaksin Covid-19 akan terus dipantau selama kehamilan hingga persalinan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00