Daya Tarik, Kampuang Saribu Rumah Gonjong Kabupaten Limapuluh Kota Sumbar

KBRN, Padang : Kampuang Saribu Rumah Gonjong atau kampuang sarugo di Kabupaten Limapuluh Kota Sumatera Barat menawarkan keunikan tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke lokasi ini. Selain  adat dan budayanya yang masih terpelihara, Kampuang Sarugo juga memiliki daya pikat kuliner tradisionalnya yang mengundang selera.

Sesuai namanya, kampuang wisata yang satu ini memiliki deretan rumah gadang atau rumah gonjong yang masih terpelihara sampai saat ini. Suasana alam yang asripun layak menjadi pilihan bagi wisatawan yang ingin menikmati kehidupan masyarakat kampuang yang sebenarnya.

Koordinator Kuliner Pokdarwis Sarugo Lili Erlinda mengatakan kampuang sarugo juga memiliki makanan tradisional yang akan mudah ditemui jika berkunjung ke lokasi ini. Para pengunjung juga dapat berwisata kuliner terutama pemburu makanan tradisional, seperti paniaram, tumbuk ubi, tumbuk maba serta berbagai lainnya.

Selain itu, Kampuang Sarugo yang terletak di Kecamatan Gunuang Omeh Kabupaten Limapuluh Kota, tentu untuk buah tangan berupa jeruk gunung omeh juga tak kan terlewatkan bagi pengunjung dari lokasi dimaksud. Uniknya, wiasatawan dapat memetik langsung jeruk gunung omeh dari ladangnya.

”Kebetulan di sini banyak jeruk,  kebun jeruk ada  seluas 200 hektar dan ada juga pembuatan gula aren dan di buat secara tradisional alias manual,” kata Lili Erlinda (Kamis, 03/06/2021).

Koordinator Kuliner Pokdarwis Sarugo Lili Erlinda menyebutkan makanan tradisional disajikan juga dapat disajikan secara bajamba, khususnya bagi wisatawan yang menikmati saat berkunjung ke Kampuang Seribu Rumah Gonjong atau Kampuang Sarugo di Kabupaten Limapuluh Kota Sumatera Barat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00