Sabun Antibakteri untuk Usir Kuman Bermutasi

KBRN, Padang : Hingga saat ini, pandemi COVID-19 belum benar-benar berakhir dan masih menimbulkan kekhawatiran. Maka dari itu, menjaga sistem kekebalan tubuh merupakan sebuah keharusan demi terhindar dari infeksi coronavirus.

Nah, menjaga sistem kekebalan tubuh tetap prima tentunya dapat dilakukan melalui beberapa cara. Tujuannya untuk mencegah tubuh dari infeksi kuman dan bakteri yang dapat bermutasi.

Misalnya, menggunakan masker jika harus keluar rumah dan menerapkan pola hidup sehat agar sistem imun tubuh terjaga. Namun, menjaga kebersihan diri di tengah pandemi juga tidak kalah penting dalam menjaga kesehatan. Yuk, ketahui penjelasannya berikut ini!

Pentingnya Menjaga Kebersihan selama Pandemi

Virus COVID-19 ditularkan dari kontak langsung, seperti melalui droplet pernapasan yang keluar melalui bersin dan batuk dari orang yang terinfeksi.

Oleh karena itu, penggunaan masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan menjadi bagian dari protokol kesehatan pencegahan COVID-19 yang sangat penting untuk diterapkan. 

Selain melalui droplet, virus corona juga dapat menempel dan bertahan pada permukaan benda tertentu selama beberapa jam atau hari. Jika benda tersebut disentuh tangan, kemudian tangan tersebut menyentuh area wajah seperti hidung, mulut, hingga mata, maka risiko penularan COVID-19 juga akan meningkat. 

Itulah alasannya menjaga kebersihan personal selama pandemi juga tidak kalah pentingnya dengan menerapkan protokol kesehatan. Sebab, tindakan kebersihan sederhana dapat membantu melindungi kesehatan kamu dan orang-orang terdekat seperti keluarga di rumah.  

Jaga Kebersihan Tubuh dengan Cara Ini

Nah, supaya kamu bisa senantiasa menjaga kebersihan personal dengan baik, ada beberapa cara yang perlu dilakukan, antara lain:

Menutup mulut dan hidung dengan siku atau tisu yang tertekuk saat batuk atau bersin. Selain itu, segera buang tisu bekas dan bersihkan tangan secara teratur.

Rutin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun selama 20 detik. Terutama setelah kamu bersin ke tisu, menggunakan kamar kecil, baru pulang ke rumah, sebelum atau sedang menyiapkan makanan, dan merias wajah.

Jika sabun tidak tersedia, kamu juga bisa mengoleskan tangan dengan hand sanitizer  yang memiliki kandungan alkohol minimal 60 persen. Gosokan cairan pembersih ini selama 20-30 detik sampai tangan terasa kering.

Selain beberapa cara tersebut, langkah mudah dan sederhana yang juga dapat dilakukan guna menjaga kesehatan tubuh adalah dengan rutin mandi setiap harinya. Tujuannya agar seluruh area kulit dapat terhindar dari paparan kuman yang mengancam setiap kamu beraktivitas. Oleh sebab itu, pastikan untuk memilih sabun mandi yang tepat.

@Halodoc

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar