Bunda, Begini Cara Melindungi Anak dari Roseola Infantum

KBRN, Padang : Sebaiknya jangan abaikan kondisi demam pada anak yang disertai dengan munculnya ruam pada kulit. Gejala tersebut bisa menjadi tanda penyakit roseola infantum. Penyakit ini disebabkan oleh virus herpes yang dikenal dengan herpesvirus 6 dan sangat rentan dialami oleh anak-anak. 

Komplikasi yang disebabkan oleh penyakit ini sangat jarang terjadi, tetapi penyakit ini masih berisiko menyebabkan kejang pada anak. Untuk itu, pastikan ibu mengetahui cara melindungi anak dari serangan penyakit ini agar kesehatan anak tetap terjaga dengan baik.

Kenali Gejala Roseola Infantum

Roseola infantum adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus dan rentan dialami oleh anak yang berusia enam bulan hingga 12 tahun. Biasanya, penyakit ini ditandai dengan adanya gangguan pada saluran pernapasan bagian atas anak, seperti hidung yang berair, batuk, hingga nyeri tenggorokan.

Gejala tersebut biasanya akan disertai dengan demam pada anak. Kondisi ini juga dapat menyebabkan anak menjadi lebih rewel, menjadi sulit makan, hingga mengalami pembengkakan kelenjar getah bening pada area leher. 

Biasanya demam akan dialami anak selama kurang lebih satu minggu. Saat demam mereda, kondisi ruam pada kulit akan muncul. Kamu bisa mengenali ruam yang disebabkan oleh penyakit ini dengan menekan bagian ruam. 

Ruam yang disebabkan oleh penyakit ini bisa berubah menjadi putih saat ditekan. Namun, ruam akan kembali warna pink setelah tekanan selesai. Ruam juga akan muncul pada area leher, wajah, tangan, hingga kaki.

Lakukan Ini untuk Melindungi Anak dari Roseola Infantum

Penyakit ini menjadi salah satu penyakit yang mudah menular. Meskipun pengidap belum mengalami gejala ruam, tetapi pada tahap ini roseola infantum sudah bisa menularkan kepada orang lain.

Hingga saat ini belum ada vaksinasi yang bisa mencegah penyakit ini pada anak. Hal yang bisa ibu lakukan untuk mencegah penyakit ini dengan memastikan anak berada di lingkungan yang sehat dan terhindar dari paparan langsung pengidapnya.

Ibu juga bisa memastikan kebersihan tangan anak untuk mencegah paparan virus penyebabnya. Bersihkan juga mainan anak secara berkala agar kebersihannya tetap terjaga dengan baik.

Selain itu, pastikan ibu selalu menggunakan masker saat berada di sekitar anak ketika mengalami penurunan kesehatan. Jangan lupa untuk mencuci tangan saat akan menyentuh anak-anak sehingga anak bisa terhindar dari berbagai gangguan virus atau bakteri yang bisa memicu berbagai penyakit.

Ibu perlu melakukan perawatan yang tepat pada anak yang mengidap penyakit ini. Hingga saat ini belum ada pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi virus penyebab penyakit ini, tetapi pengobatan dilakukan untuk meredakan gejala, seperti demam hingga nyeri tenggorokan. Namun, pastikan ibu memberikan obat anak sesuai dengan anjuran dokter.

Selain menggunakan obat, ibu bisa pastikan anak mendapatkan istirahat yang cukup agar demam bisa mereda. Jangan lupa berikan anak cairan yang cukup, seperti air putih hingga ASI atau susu formula. Pastikan ibu memberikan makanan sehat, buah-buahan, serta sayuran untuk meningkatkan imunitas anak.

@Halodoc

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar